SOLOPOS.COM - Hassan Abdullah. (Istimewa/Dailysabah)

Pertanyaan polos Hassan kepada pewarta asal Turki memancing rasa iba.

Solopos.com, ANKARASeorang pria miskin asal Ghana, Al-Hassan Abdullah, menunaikan ibadah haji berkat sebuah pesawat tanpa awak (drone).

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Kejadian itu berawal dari sebuah drone milik stasiun TV asal Turki TRT World yang jatuh di pakarangan rumahnya. Dengan polos, Hassan lantas bertanya kepada kru TV apakah TRT World memiliki drone yang lebih besar untuk membawanya ke Arab Saudi menunaikan ibadah haji seperti jutaan Muslim lainnya.

Percakapan antara Hassan dan TRT World lantas direkam dan diunggah ke sosial media Twitter hingga viral di Turki. Mendengar hal itu, Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, berinisiatif membantu Hassan lewat pembiayaan ibadah haji.

Hassan tiba di Instanbul, Turki dari Accra, Ghana pada Jumat (18/8/2017) lalu. Kedatanganya disambut sebuah badan amal Turki yang fokus pada Ghana.

Dikutip dari daylisabah Rabu (23/8/2017) Hassan mengatakan pada kantor berita asal Turki, Anadolu Agency, dia bahagia berada di Turki dan Tuhan memberkatinya dengan bantuan dari Turki.

“Saya bersyukur kepada Tuhan dan saya berdoa kepada semua orang yang membantu mewujudkan impian ini. Bantuan negara Turki sangat berharga bagi saya dan saya yakin ini akan membantu meningkatkan persahabatan, persaudaraan antar umat Islam,” katanya.

Wakil ketua badan amal yang menyambut Hassan di bandara, Cihad Gokdemir mengatakan pada Hassan bahwa ceritanya ramai diperbincangkan di Turki. Orang-orang Turki lantas mencari cara untuk mengulurkan tangan padanya hingga seorang perwira polisi Turki dari Kedutaan Turki di Ghana menghubunginya.

“Dia mengucapkan terima kasih kepada orang-orang Turki,” kata Cihad.

Mariah Gipty Awwaha/JIBI/Solopos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya