SOLOPOS.COM - Pria dihukum gara-gara melanggar peraturan syariat. (Istimewa/Says Malaysia)

Pria asal Kelantan dijerat dengan undang-undang Kriminal Syariat gara-gara memakai celana pendek di depan umum.

Solopos.com, KELANTAN – Seorang pria asal Kelantan, Malaysia, Wan Khairul Hayyee Wali, 30 dikenai hukuman denda lantaran memakai celana pendek saat hendak bermain futsal. Khairul diduga melanggar peraturan Syariat dan menghadapi tuntutan denda sekitar Rp3 juta.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Khairul mengaku kaget dengan tututan ini lantara dirinya sudah bertahun-tahun memakai celana pendek ketika akan bermain futsal.

“Makanya saya kaget ketika petugas dari departemen kehakiman memberitahu saya telah melanggar Undang-undang Kriminal Syariat karena memperlihatkan dengkul,” kata dia, seperti dilansir the Star, Selasa (26/9).

“Masak saya harus pakai sarung kalau mau main futsal,” timpalnya.

Khairul diharuskan mendatangi sesi penyuluhan bulan depan atau menghadapi pengadilan syariat dengan risiko didenda Rp 3 juta jika terbukti bersalah.

Saat ditangkap Khairul sedang berada membeli burger untuk istrinya. Saat itu, dia sedang akan pergi untuk bermain futsal dan mampir di outlet penjual burger.

“Kalau saya tidak berhenti dulu untuk beli burger saya tidak akan pernah tahu, pakai celana pendek saat mau olah raga itu melanggar aturan,” kata dia.

Pejabat Departemen Agama Kelantan mengatakan aturan berpakaian itu hanya berlaku bagi warga muslim saja. “Kami tidak menindak warga non-muslim. Kami bahkan tidak menindak perempuan non-muslim yang pakai celana pendek di depan umum,” kata si pejabat.

Dia juga mengatakan Wan Khairul tidak akan dikenai denda jika mendatangi sesi penyuluhan bulan depan. “Kami hanya ingin warga muslim berpakaian sopan di ruang publik, sesuai dengan ajaran syariat,” ujar si pejabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya