SOLOPOS.COM - Peserta asal Madiun, Hartono, 70 tengah berfoto siap meramaikan kompetisi SLU 2022 untuk kategori 30K, Jumat (2/12/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Peserta kompetisi lari menjelajah alam Gunung Lawu mulai berdatangan di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Event bertajuk Siksorogo Lawu Ultra (SLU) ini akan diikuti 2.063 peserta dari 11 negara pada Sabtu-Minggu (3-4/12/2022).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atikoh, juga dijadwalkan akan meramaikan kompetisi tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat (2/12/2022), para peserta mulai melakukan registrasi di Surya Inn Hotel Sekipan, Tawangmangu. Mereka datang dari berbagai daerah hingga luar negeri. Salah satunya adalah peserta asal Madiun, Jawa Timur, Hartono.

Pria berusia 70 Tahun ini  telah melakukan registrasi untuk mengikuti lomba lari menjelajah alam Gunung Lawu di kategori 30 K. Hartono siap bersaing dengan peserta lain di kategori yang tergolong cukup berat ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya sudah latihan lari setiap hari baik di jalanan datar atau naik turun gunung,” ujarnya mantap saat berbincang dengan Solopos.com.

Baca Juga: 2.063 Pelari dari 11 Negara akan Ikuti Siksorogo Lawu Ultra di Karanganyar

Rasa percaya dirinya tidak datang tiba-tiba. Kompetisi lari ini bukan pertama yang diikuti Hartono. Dia kerap mengikuti kompetisi serupa di berbagai daerah. Sehingga, dia merasa yakin mampu menaklukan medan pegunungan meski di usianya yang sudah senja.

“Sudah sejak muda saya hobi lari. Saya yakin bisa merampungkan misi lari untuk 30 K meski medan dan cuaca ekstrem,” katanya.

Siksorogo Lawu Ultra 2022
Peserta dari berbagai daerah mukai melakukan registrasi mengikuti kompetisi SLU 2022 di Hotel Surya Inn Sekipan, Tawangmangu pada Jumat (2/12/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Senada disampaikan peserta lain yang merupakan anggota TNI Angkatan Laut (AL) Karangpilang, Pratu Marinir I Wayan Sutawan, 28. Dia bersama timnya akan mengikuti kompetisi di kategori 50 K.

“Tiap hari gembleng latihan fisik dengan sit up, push up dan lari. Besok siap lari dengan medan Gunung Lawu,” katanya.

Baca Juga: Asyik! Ngawi Punya Kampung Alpokat di Lereng Gunung Lawu, Bisa Petik Sendiri

Pembina Siksorogo Lawu Ultra, Tony Hatmoko, mengatakan kegiatan ini digelar setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19. Terakhir kompetisi SLU digelar pada 2019 lalu dengan jumlah peserta tak lebih dari 1.000 orang.

“Tahun ini jumlah peserta membeludak. Panitia sampai membatasi,” katanya.

Ada sebanyak 2.063 peserta dari 11 negara yang mengikuti kompetisi SLU 2022. Peserta lomba lari akan disuguhi pesona alam Gunung Lawu dan sejarah.

Lima Kategori

Siksorogo Lawu Ultra 2022 dibagi dalam lima kategori yakni 7K, 15 K, 30 K, 50 K, dan 80 K. Setiap kategori memiliki tantangan dan keindahannya masing-masing di kawasan Tawangmangu hingga Puncak Gunung Lawu.

“Lari di trek pegunungan menjadi sebuah hal spesial bagi pelari lintasan,” katanya.

Baca Juga: Malam Tahun Baru 2023, Tiga Gunung di Jateng Ini Bakal Diserbu Pendaki

Dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan sukarelawan Gunung Lawu, aparat pemerintah Desa, kepolisian, TNI, tim medis, katang taruna dan masyarakat di kawasan lintasan kompetisi lari tersebut.

Race Director SLU 2022, Furqoni Syahbana, mengatakan kompetisi lari menjelajah Gunung Lawu dibagi dalam lima kategori dengan waktu start berbeda satu sama lain. Untuk ketegori 80 K start dibuka pada Sabtu (3/12/2022) pukul 07.00 WIB.

Kategori 50 K dibuka Sabtu pukul 22.00 WIB. Lalu kategori 30K pada Minggu (4/12/2022) pukul 05.00 WIB, 15K Minggu pukul 07.00 WIB, dan 7K Minggu pukul 08.00 WIB.

“Kegiatan ini akan memberikan berkah bagi masyarakat Karanganyar terutama di kaki gunung Lawu. Hotel semua penuh,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya