SOLOPOS.COM - ilustrasi (powersoccertampa.net)

ilustrasi (powersoccertampa.net)

BANTUL—Dua tim beda kasta, PPSM Kartika Nusantara Magelang dan Persiba Bantul akan jegal untuk lolos ke perempat final Piala Indonesia dalam pertandingan leg pertama yang akan berlangsung di Stadion Madya, Magelang, Kamis (7/6).

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Bagi kedua tim, harapan berjaya di kompetisi Piala Indonesia merupakan harga mati setelah menuai hasil buruk di kompetisi masing-masing. PPSMKN selaku tuan rumah gagal total pada kompetisi Diviswi Utama Liga Prima Indonesia Sportindo (DU LPIS).
Macan Tidar, julukan PPSMKN, hanya mampu menyudahi kompetisi di posisi terbawah. Artinya jurang degradasi sudah pasti menimpa tim kebanggaan Kota Gemilang itu musim depan.

Juara Piala Indonesia dapat menyelamatkan mereka dari degradasi. Namun, perjuangan itu tidak mudah karena lawan mereka adalah tim sekelas Persiba Bantul yang diperkuat sejumlah pemain andal. Apalagi Laskar Sultan Agung berstatus juara Divisi Utama musim lalu. Pelatih tim PPSMKN, Danurwindo pun sudah menyiapkan strategi khusus.

“Saya tahu laga ini sangat berat, tapi kami tak lagi memiliki harapan selain di jalur Piala Indonesia. Jadi kemenangan di laga ini merupakan harga mati bagi kami. Pasalnya pekan depan kami harus tampil di kandang Persiba. Jadi mengalahkan Persiba di depan publik sendiri tentu akan memudahkan kerja tim kami ketika tampil di leg kedua nanti,” ujar Danurwindo saat dihubungi Harian Jogja, Rabu (6/6).

Persiba Bantul pun kini juga dalam tekanan. Margin poin yang teramat lebar dengan pemuncak klasemen, Semen Padang, membuat tim besutan Sajuri Sjahid itu melempar handuk untuk menjadi kampiun LPI. Mereka kini membidik Piala Indonesia sebagai prioritas.

”Kami sudah sampai fase perempat final. Sementara untuk mengejar Semen Padang sepertinya sulit. Jadi target juara di Piala Indonesia sudah menjadi pilihan,” tegas Direktur Teknik tim Persiba Bantul, M. Basri.

Saat melawat ke PPSMKN, Persiba tak dapat memainkan pilar penting seperti Kim Yong Han, Nopendi, Anwarudin dan Ezequiel Gonzales lantaran cedera. Belum lagi kondisi kelelahan melanda pasukan Sajuri Sjahid karena konsenstrasi mereka masih terpecah, yakni di liga reguler dan Piala Indonesia.

Perkiraan susunan pemain:
PPSM Kartika Nusantara
Pelatih : danurwindo
4-4-2
Dika Bhayangkara, Hendri aprilianto (DF), Luki Nurhakim, Rene Martinez (c), Ichsa Sania, Asrul Reza (MF), Kevin Yann, Bangun Permana, Jaya Hartono, Kurniawan DJ, Josiah seton

Persiba Bantul
Pelatih : Sajuri Sjahid
4-4-2
Andi Setiawan (gk), Burhanudin (kanan), Bizarro, Wahyu Tanto, Basri Badusala, Slamet Nurcahyo, Johan Manaji, Arwin, Busari, Ugiek Sugiyanto, Cornelis Kaimu

(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya