Tutup Iklan

Preview Ekuador Vs Jepang: Sulit Ukir Sejarah

Penampilan Jepang sebagai tamu undangan di Copa America 2019 memang membetot perhatian, terutama setelah menahan imbang tim favorit Uruguay 2-2 pada laga kedua Grup C beberapa waktu lalu.

Preview Ekuador Vs Jepang: Sulit Ukir Sejarah

SOLOPOS.COM - Timnas Jepang (Reuters-Diego Vara)

Solopos.com, BELO HORIZONTE - Penampilan Jepang sebagai tamu undangan di Copa America 2019 memang membetot perhatian, terutama setelah menahan imbang tim favorit Uruguay 2-2 pada laga kedua Grup C beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Jepang tidak akan dengan mudah jika ingin mencetak sejarah untuk lolos dari fase grup pada turnamen tertua di dunia ini. Kali terakhir tim undangan bisa lolos dari fase grup pada Copa America sudah terjadi cukup lama. Meksiko menjadi tim tamu terbaru di Copa America yang mampu lolos ke fase knock-out, yakni pada 2007 lalu.

Nah untuk mengikuti jejak Meksiko, Jepang harus menang besar melawan Ekuador pada laga penutup Grup C di Stadion Mineirao, Belo Horinzonte, Selasa (21/6/2019) pukul 06.00 WIB. Meski sangat kecil, peluang Jepang menjadi tim Asia pertama yang lolos dari fase grup Copa America belum tertutup rapat.

Pasukan berjuluk Samurai Biru ini bisa mencari celah lolos ke perempat final sebagai dua dari tiga peringkat terbaik dari semua grup. Ekuador bukan satu-satunya pesaing Jepang memperebutkan dua tiket peringkat ketiga terbaik agar lolos ke perempatfinal. Takefusa Kubo dkk. juga bersaing dengan Peru dari Grup A dan peringkat ketiga di Grup B yang kemungkinan ditempati Argentina, Qatar, atau Paraguay.

Jepang baru mengumpulkan sebiji poin, sementara Ekuador belum pecah telur. Adapun Peru finis di peringkat ketiga Grup A dengan 4 poin. Sedangkan Paraguay mendulang 2 poin, Qatar dengan 1 poin, dan Argentina mengumpulkan 1 poin dalam satu laga tersisa masing-masing pada Grup B. Jika poin yang dikumpulkan tim peringkat ketiga dari tiga grup sama, maka yang menentukan selanjutnya adalah selisih gol.

Samurai Biru dalam spirit yang tinggi setelah menahan imbang Uruguay 2-2. Shinji Okazaki dkk. memaksa tim pemegang rekor juara 15 kali Copa America tersebut menyamakan kedudukan setelah tertinggal dua kali dengan permainan cepatnya.

"Poin ini [1 poin dari laga imbang melawan Uruguay] membantu kami mengembangkan dan mendongkrak kepercayaan diri kami," ujar Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, seperti dilansir the-afc.com, Minggu (23/6/2019).

Ekuador sendiri enggan pulang dengan menanggung malu. Enner Valencia dkk. bertekad pecah telur di Brasil. Syaratnya, Ekuador harus memperbaiki lini pertahanan mereka yang amburadul. Dalam dua laga di Copa America ini, gawang tim besutan Hernan Gomez ini kebobolan enam gol, dengan perincian empat gol dari Uruguay dan dua gol dari Chile. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Polisi Periksa 6 Saksi Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap

Kebakaran yang melanda kilang milik Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah diklaim berhasil dipadamkan, namun enam saksi dipemeriksa oleh polisi.

Begini Cara Mengetahui Hasil SNMPTN 2021

LTMPT mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021, Senin pukul 10.00 WIB.

Kapolresta Solo: Driver Ojol Bawa Pesanan Miras Hanya Sebagai Saksi

Kapolres Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan perihal driver ojol yang dibawa ke Mapolresta karena bawa pesanan berisi miras.

Bukan Persis Solo, Ini Klub Tujuan Pemain Naturalisasi Diego Michiels

Diego Michiels dihubungkan dengan sejumlah klub, termasuk Persis Solo, setelah dipastikan berpisah dengan Borneo FC. Namun, Arema FC yang diyakini menjadi pelabuhan Diego selanjutnya.

Angka Covid-19 Indonesia Melonjak, Begini Reaksi Jokowi...

Angka penularan virus corona pemicu Covid-19 Indonesia melonjak drastis sehingga Presiden Joko Widodo alias Jokowi angkat bicara.

94 Orang Positif Covid-19 Dari Klaster Masjid di Paulan Karanganyar, Ini Sebarannya

Sebanyak 94 kasus konfirmasi positif Covid-19 dari klaster masjid Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar, tersebar di sekitar enam RW.

Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Padam Setelah 40 Jam

PT Pertamina (Persero) menyelamatkan 39 tangki di kompleks Kilang Cilacap, Jawa Tengah yang terbakar selama 40 jam hingga Minggu (13/6/2021).

Ambyar, Satu Hari Kasus Covid-19 Tambah 49 Orang, 2 Meninggal Dunia

Penambahan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Grobogan tersebar di 14 kecamatan. Sedang lima kecamatan lainnya nihil kasus baru.

Muncul Klaster Masjid Dengan 94 Orang Positif Covid-19, 2 RW Di Paulan Karanganyar Lockdown

Lingkungan dua RW di Paulan, Colomadu, Karanganyar, menerapkan lockdown karena ada puluhan warga yang positif Covid-19 dari klaster masjid.

Flu & Batuk, Wali Kota Salatiga Positif Covid-19

Wali Kota Salatiga Yuliyanto flu dan batuk dan menjalani tes polymerase chain reaction atau PCR test, ia dinyatakan positif Covid-19.

Kasus Covid-19 Indonesia Meledak, Nyaris 10.000 dalam Sehari

Penambahan kasus konfirmasi positif virus corona pemicu Covid-19 pada Minggu (13/6/2021) hari ini meledak dan memencapai nyaris 10.000 orang.

Relawan Lintas Selatan Bersih-Bersih Sungai Tegalgede Mayang

Aksi bersih sungai Tegalgede dilakukan oleh relawan Lintas Selatan.