SOLOPOS.COM - Aktivitas warga di Taman Cerdas Semanggi, Pasar Kliwon, Solo. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Prestasi Solo, dua program unggulan masuk Inovasi Award 2017.

Solopos.com, SOLO — Dua program layanan publik unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo masuk dalam ajang Inovasi Award 2017 tingkat nasional. Yakni pembangunan taman cerdas serta pencatatan data kependudukan secara otomatis bagi warga usia 17 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Solo Suwarta mengatakan ajang Inovasi Award 2017 diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Ada dua program Pemkot yang masuk nominasi Inovasi Award 2017,” katanya ketika dijumpai wartawan saat mendampingi tim Kemenpan dan RB di Balai Kota Solo, Kamis (6/7/2017).

Suwarta menerangkan dua program unggulan itu adalah pembangunan taman cerdas di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3A dan PM), serta program kartu ucapan selamat ulang tahun langsung dari Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo bagi warga usia 17 tahun.

Kartu ucapan itu sekaligus sebagai undangan untuk mengambil kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di kantor Dispendukcapil. “Program kartu ucapan ini adalah inovasi pada layanan pengurusan administrasi kependudukan,” kata dia.

Dalam merealisasikan program itu, Pemkot menggandeng PT Pos Indonesia. Mekanisme program ucapan selamat ulang tahun sekaligus undangan mengambil e-KTP berjalan setelah Pemkot merekam data elektronik melalui layanan jemput bola di setiap SMA/SMK sederajat.

Dari perekaman data ini, Pemkot memiliki data setiap warga Solo yang akan berulang tahun ke-17.

Dia menambahkan program inovasi penataan kawasan kumuh menjadi taman cerdas serta layanan administrasi kependudukan tersebut sebelumnya masuk dalam top 99 Inovasi program layanan publik di tingkat nasional. Kini kedua program tersebut tengah masuk penilaian top 40 inovasi layanan publik di tingkat nasional.

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan dan RB, Diah Natalisa mengatakan dari 3.000-an inovasi seluruh Indonesia telah terjaring top 99 inovasi layanan publik terbaik.

“Nah sekarang kita mau saring lagi menjadi top 40 inovasi untuk menuju Inovasi Awards 2017. Di Solo ada dua program unggulan masuk Top 99 dan akan bersaing menuju Top 40,” kata dia.

Penghargaan bagi Top 40 inovasi layanan publik rencananya nanti diserahkan langsung Presiden Joko Widodo. Berbagai daerah kini mulai berlomba-lomba untuk bersaing menuju Top 40 inovasi layanan publik terbaik nasional.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya