SOLOPOS.COM - Hawaii (janeresture.com)

Prestasi siswa ditorehkan 3 pelajar Lamongan.

Madiunpos.com, LAMONGAN – Prestasi pelajar datang dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tiga pelajar Lamongan mewakili Indonesia dalam forum pertemuan pelajar internasional Partnership for Youth (P4Y) Shaping Vision 2030 for Community Revitalization and Sustainability di Hawaii, Amerika Serikat, pada Juli 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator P4Y EWC Indonesia R. Chusnu Yuli Setyo, di Lamongan, Senin (28/3/2016), mengatakan tiga pelajar itu dua diantaranya adalah siswa SMA Negeri 2 Lamongan yakni Muhammad Aulya Rakhman dan Muhammad Andhika Fikri Brilianto, ditambah Dhea Angelia Kamil yang merupakan alumni SMP Negeri 3 Sugio, Lamongan.

Ia mengatakan kegiatan itu dilaksanakan organisasi sosial nonprofit East West Center (EWC) Hawaii United State of America (USA) yang bekerja sama dengan The Hiroshima Prefectural Board of Education, Jepang.

Ekspedisi Mudik 2024

Chusnu yang menjadi guru pendamping ketiga pelajar itu selama di Hawaii itu mengatakan, program tersebut akan berlangsung selama 10 hari yang dimulai tanggal 28 Juli 2016.

“Terpilihnya tiga pelajar Lamongan adalah hasil seleksi diskusi dengan banyak pelajar dari berbagai negara terkait isu-isu penting yang akan dihadapi di masa mendatang, seperti krisis energi, problem kependudukan, hingga krisis kekurangan air bersih,” kata dia.

Chusnu berharap ke depannya hasil rumusan pertemuan pelajar internasional ini bisa ditindaklanjuti dalam pertemuan selanjutnya yang akan berlangsung di Hiroshima, Jepang pada Juli 2017.

“Program ini diharapkan mampu mencetak generasi pemimpin masa depan di tahun 2030, yang diperkirakan menghadapi sejumlah masalah kompleks. Harapannya pelajar ini sejak dini sudah peduli dengan masalah itu sejak sekarang dan menyiapkan solusinya,” katanya.

Direktur The Hiroshima Prefectural Board of Education Ken’ichi Kato mengatakan tujuan dari program ini adalah untuk mendidik siswa, sehingga berpengetahuan global dan bisa berperan di masa mendatang dalam berbagai bidang.

“Melalui program ini akan dilakukan diskusi dengan banyak pelajar dari berbagai negara terkait isu-isu penting akan dihadapi di masa mendatang,” katanya.

Ken’ichi Kato juga menjanjikan akan membantu dan memfasilitasi kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Lamongan dengan Hiroshima, sehingga kedua pemerintahan bisa melaksanakan pertukaran pelajar atau guru.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Fadeli, menyebut kesempatan yang akan dijalani tiga pelajar adalah sesuatu yang istimewa.

“Saya berpesan, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini sehingga bisa memberi manfaat bagi adik-adik sekalian, juga bagi Lamongan dan masa depan Indonesia,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya