SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mewakili Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan pembina pelayanan publik terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, di Jakarta, Rabu (24/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Humas Setda Kota Semarang)

Prestasi kembali dicatatkan Wali Kota Semarang Hendra Ptrihadi yang diganjar predikat Sangat Baik sebagai Pembina Pelayanan Publik.

Semarangpos.com, SEMARANG — Hendrar Prihadi boleh kembali berbangga hati. Ia lagi-lagi mencatatkan prestasi gemilang. Kali ini, wali kota Semarang itu mendapatkan penghargaan sebagai pembina pelayanan publik dengan kategori Sangat Baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyerahan penghargaan atas prestasi wali kota Semarang itu dilaksanakan saat Penyampaian Hasil Evaluasi dan Pemberian Piagam Pelayanan Publik Tahun 2017 terhadap Kabupaten/Kota se-Indonesia di Kantor Kemenpan RB di Jakarta, Rabu (24/1/2018). Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mewakili wali kota menerima penghargaan yang diserahkan oleh Sekretaris Kemenpan RB Dwi Wahyu Atmaji.

Sejumlah pelayanan publik yang pembinaannya oleh Wali Kota Hendrar Prihadi dinilai berpredikat Sangat Baik oleh Kemenpan RB , antara lain pembinaan pelayanan publiknya di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Semarang Achyani menjelaskan Kemenpan RB yang menaungi kebijakan pelayanan publik di Indonesia melakukan evaluasi penyelenggaraan kinerja pelayanan publik. “Sebagaimana diamanahkan UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik, Kemenpan RB melaksanakan evaluasi pada unit-unit pelayanan publik yang ada di 72 kabupaten/kota yang menjadi role model,” katanya.

Pada 2017, kata dia, lokus evaluasi antara lain 33 Kantor DPM-PTSP provinsi, 72 DPM-PTSP kabupaten/kota untuk penerbitan SIUP, TDP, dan IMB, 72 Disdukcapil kabupaten/kota untuk pengurusan akta kelahiran dan KTP.

Dengan penghargaan sebagai pembina pelayanan publik dengan kategori sangat baik yang diterima tahun ini, Achyani mengatakan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berhasil mempertahankan predikat yang sudah didapatkan sebelumnya. “Tentunya, evaluasi ini penting dilakukan agar para pimpinan instansi pemerintah maupun unit penyelenggara pelayanan publik tetap memiliki komitmen terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik,” katanya.

Secara terpisah, Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—menyatakan prestasinya sebagai pembina pelayanan publik dengan predikat Sangat Baik yang diterimanya untuk kali kedua selama dua tahun berturut-turut adalah buah dari konsistensi seluruh elemen masyarakat. “Banyak orang mengatakan bahwa mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan. Hari ini, kami buktikan bahwa segala capaian positif yang telah diraih bisa dipertahankan,” katanya.

Penghargaan yang didapatkannya atas prestasi itu, diakui Hendi merupakan sebuah kebanggaan. Tetapi, imbuhnya, di sisi lain merupakan sebuah tantangan untuk bisa meraih pencapaian positif dalam bidang-bidang lainnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya