SOLOPOS.COM - Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menyerahkan penghargaan Anugerah Cinta Karya Bangsa kepada Kepala Disperindag Kota Semarang Nurjanah di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (20/12/2016). (Facebook.com-Humas Pemkot Semarang)

Prestasi Semarang kembali bertambah dengan penghargaan Anugrah Cinta Karya Anak Bangsa.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kota Semarang kembali membukukan prestasi membanggakan. Kota Atlas ini memperoleh penghargaan Anugerah Cinta Karya Bangsa dari Kementerian Perindustrian, Selasa (20/12/2016).

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto kepada Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Kota Semarang, Nurjanah, yang mewakili Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Pengahragaan itu diberikan kepada Kota Semarang karena dianggap sebagai kota yang terus mendukung kemajuan industri dalam negeri. Tujuan Kementerian Perindustrian memberikan penghargaan tersebut untuk mendorong pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota untuk meningkatkan kecintaan masyarakatnya terhadap produk dalam negeri.

Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan di tengah persaingan yang relatif terbuka terhadap produk-produk impor, semua lapisan masyarakat harus meningkatkan kesadaran, rasa bangga, dan rasa cinta terhadap produk dalam negeri. “Mengingat belanja pemerintah untuk pembelian barang dan jasa sangat besar jumlahnya, ini merupakan pasar yang potensial bagi produk-produk dalam negeri dan sangat membantu pengembangan industri dalam negeri apabila pasar dikuasai,” ujarnya seperti dikutip akun Facebook resmi milik Pemkot Semarang.

Airlangga juga berharap penghargaan yang diberikan kepada Kota Semarang itu dapat menumbuhkan komitmen untuk terus meningkatkan penggunaan produk dalam negeri yang dapat memacu dunia usaha nasional. Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Semarang Nurjanah yang mewakili Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan bahwa yang telah dilakukan Pemkot Semarang dalam pengadaan barang dan jasa selalu berpedoman pada kebijakan pemerintah pusat yang harus mengutamakan produk dalam negeri.

Menurutnya dengan begitu, maka dapat membantu tumbuhnya industri dalam negeri ditengah persaingan global. “Penggunaan produk dalam negeri merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk membangun kebanggaan sebagai bangsa yang mandiri, saya selalu menegaskan kepada pimpinan SKPD agar memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri, banggalah dengan karya bangsa sendiri,” ucap Kepala Disperindag mewakili wali kotanya.

Hendi—sapaan akrab sang wali kota, masih sebagaimana dikutip Nurjanah, mengucapkan terima kasih atas diberikannya penghargaan tersebut,. Ia juga mengajak seluruh warga Kota Semarang untukn selalu mencintai produk dalam negeri. Selain Kota Semarang yang menerima Anugerah Cinta Karya Bangsa itu, terdapat dua kota lain yang menerima penghargaan sama, yakni Kota Palembang dan Kabupaten Sleman. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya