SOLOPOS.COM - Menko Bidang Polhukam Wiranto memberikan sambutan saat peringatan Hari Otonomi Daerah ke-21 di Alun-Alun Sidoarjo, Jatim, Selasa (25/4/2017). Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-21 tersebut mengambil tema Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Government. (JIBI/Solopos/Antara/Umarul Faruq)

Prestasi kembali dicatatkan Kota Semarang yang kali ini diakui berkinerja tinggi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kota Semarang mendapatkan penghargaan sebagai kota berkinerja tinggi yang dinilai oleh Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri. “Ada lebih 900 indikator yang dijadikan penilaian kota berkinerja tinggi,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah Kota Semarang Achyani di Semarang, Rabu (26/4/2017).

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

Kota Semarang, merupakan salah satu dari 10 kota, 10 kabupaten, dan enam provinsi peraih penghargaan yang diserahkan pada peringatan Hari Otonomi Daerah XXI di Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Selasa (25/4). Penghargaan diserahkan oleh Menko Polhukam Wiranto, didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang mewakili wali kota.

Achyani menjelaskan Semarang mendapatkan penilaian terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). “Kalau indikatornya, antara lain laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, informasi keuangan daerah, laporan kinerja instansi pemerintah daerah, dan lainnya, seperti kebijakan, kelembagaan,” katanya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengharapkan penghargaan itu bisa mendorong seluruh aparatur Pemerintah Kota Semarang untuk mengevaluasi kinerja selama ini. “Artinya, hal-hal yang kurang segera diperbaiki. Ke depan, bekerja lebih giat dalam melayani masyarakat dengan berbagai urusan yang memang menjadi tanggung jawab pemerintah,” katanya.

Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—mengatakan pesan Presiden Joko Widodo pada Hari Otonomi Daerah harus direspons seluruh jajaran Pemkot Semarang dengan pelayanan cepat, mudah, dan pasti. Selain itu, ia berharap penghargaan itu juga berimbas dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, apalagi sudah ada berbagai program unggulan di berbagai bidang sejak 2016-2017.

“Seperti kampung tematik yang menyulap kawasan kumuh menjadi destinasi wisata dengan berbagai tema, kredit dengan bunga sangat rendah, yakni Kredit Wibawa untuk membantu UMKM,” katanya. Kemudian, penataan pedagang di beberapa pasar tradisional yang terus digencarkan, hingga penataan kawasan Kota Lama agar diakui sebagai warisan dunia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, UNESCO, pada 2020.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya