SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Prestasi pemain sepak bola Porto, Iker Casillas, dalam menjaga gawangnya dinilai luar biasa.

Solopos.com, PORTO — Iker Casillas menjadi penjaga gawang paling tangguh di Liga Champions. Kiper berusia 34 tahun itu menorehkan rekor clean sheet dalam 51 laga  Liga Champions saat Porto menekuk Maccabi Tel Aviv dengan skor 2-0 di Stadion Do Dragao, Porto, Rabu (21/10/2015) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Casillas mengalahkan rekor Edwin Van der Sar yang tidak pernah kebobolan dalam 50 laga Liga Champions selama membela Ajax, Juventus, dan Manchester United. Ini menjadi hasil clean sheet pertama Casillas di Liga Champions sejak hijrah dari Real Madrid ke Porto, Juli lalu. Sebanyak 50 rekor clean sheet lainnya dikemas kiper berdarah Spanyol itu selama 17 tahun merumput bersama Madrid.

Penjaga gawang berpostur 185 cm itu telah mengoleksi tiga gelar Liga Champions bersama Los Blancos, julukan Madrid. Dia merengkuh trofi Liga Champions pertama pada 2000 saat Madrid mengalahkan Valencia lewat tiga gol yang dicetak Fernando Morientes, Steve McManaman, dan Raul.

Casillas juga memimpin Madrid saat meraih La Decima alias gelar ke-10 di Liga Champions, Mei 2014. Secara total, dia tercatat telah mempersembahkan 18 trofi di berbagai kompetisi untuk Los Blancos.

Kendati telah meninggalkan Madrid, performa Casillas terbukti tidak surut. Pemain yang memulai karier sepak bola bersama tim Madrid junior pada 1990 itu berhasil tampil memukau untuk Porto. Dia tidak pernah absen membela klub Portugal itu musim ini. Casillas belum pernah menelan kekalahan dalam 10 laga dan mengakhiri lima pertandingan tanpa kebobolan di semua kompetisi bersama Porto.

Berkat kerja kerasnya, Casillas kini bertengger di posisi teratas daftar kiper dengan rekor clean sheet terbanyak di Liga Champions. Dia mengungguli Van der Sar, Victor Valdes, dan Petr Cech yang berturut-turut menghuni peringkat kedua hingga keempat. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Iker Casillas, kiper Porto, yang sebelumnya menjadi penjaga gawang Real Madrid. Ist/dok

Iker Casillas, kiper Porto, yang sebelumnya menjadi penjaga gawang Real Madrid. Ist/dok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya