PRESTASI PACITAN : Tak Malu Gandeng Akademisi, Pacitan Raih WTP

PRESTASI PACITAN : Tak Malu Gandeng Akademisi, Pacitan Raih WTP

SOLOPOS.COM - Ilustrasi(JIBI/Harian Jogja/marketing.c0.id)

Prestasi Pacitan di bidang pengelolan keuangan kali ini ialah Wajar Tanpa Pengecualian alias WTP. Bagaimana kisahnya?

Solopos.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Prestasi itu diraih setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2014. Laporan Hasil Pemeriksaan kali ini tanpa disertai catatan.

"Ini buah keseriusan buah keseriusan semua unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah dan tentu saja masyarakat Pacitan," kata Bupati Indartato seusai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan di Kantor Perwakilan BPK Jawa Timur di Surabaya, Jumat (15/5/2015) sore.

Belajar dari penilaian tahun-tahun sebelumnya, lanjut bupati, pihaknya terus melakukan penyempurnaan pada model pelaporan. Ini meliputi kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, sistem pengendalian intern, kepatuhan terhadap perundang-undangan, serta ketepatan penyajian laporan keuangan.

Indartato menyatakan, pengelolaan aset yang baik merupakan merupakan salah satu titik tekan pembenahan sistem pelaporan. Ini sesuai catatan BPK pada pemeriksaan tahun sebelumnya.

Guna mendapatkan pelaporan akuntabel dan sesuai Standar Akuntansi Pemerintah, pihaknya tidak segan menimba ilmu kepada kalangan akademisi seperti UGM Yogyakarta dan UNS Surakarta. Pemerintah daerah juga rajin berkonsultasi dengan BPKP.

"Selama ini kita memang banyak belajar kepada ahlinya, baik itu dari kalangan kampus maupun BPKP yang selalu membimbing kita," tambahnya.

Orang nomor satu di Pacitan ini juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh SKPD serta semua pihak yang berperanserta terhadap kembalinya opini WTP ke Kabupaten Pacitan. Tidak terkecuali kepada masyarakat Kota 1001 Gua yang turut memantau jalannya pemerintahan.

Supremasi tertinggi bidang laporan keuangan tersebut diharapkan dapat terus dipertahankan sehingga berdampak langsung bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Meraih memang sulit tapi lebih sulit lagi mempertahankan. Saya kira ini merupakan tugas berat kita semua," pungkas Indartato.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar Tunggu Kebangkitan Kerajinan Kuningan Juwana

Juwana merupakan Kecamatan yang menghubungkan Kota Pati dan Kota Rembang.  Di Kecamatan ini pula dikenal sebagai penghasil kerajinan kuningan, yang dikenal dengan Kuningan Juwana.

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.

Libur Lebaran 2021, Mal di Solo Baru Ramai Pengunjung

Sejumlah warga mulai menyerbu pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru saat libur Lebaran 2021.

Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedungombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021).

Korban Perampokan Di Bekasi Diperkosa saat Main Tik Tok

Perampok menyatroni rumah warga di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi dan memperkosa korban berusia 15 tahun.

Setelah Sepeda Motor, Kini Giliran Becak Masuk Tol

Sebuah video pria mengayuh becak dengan membawa penumpang masuk Tol Surabaya-Gresik viral di grup media sosial.

H+2 Lebaran Umbul Manten Diserbu Ratusan Pengunjung, Prokes Jalan Terus

Objek wisata Umbul Manten di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, diserbu ratusan pengunjung pada H+2 Lebaran 2021, Sabtu (15/5/2021).

Duh, Warga Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Warga dengan gangguan jiwa asal Kampung Teguhan, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, nekat membakar rumah sendiri, Sabtu (15/5/2021) siang.

Penumpang Masuk Terminal Pulogebang Jalani Tes Usap

Pemerintah Kota Jakarta Timur memastikan akan melakukan tes usap antigen bagi penumpang arus balik yang tiba di Terminal Pulogebang.

China Sukses Daratkan Wahana Penjelajah di Planet Mars

China berhasil mendaratkan wahana penjelajah di Planet Mars, Sabtu (15/5/2021). Dengan ini China menjadi negara kedua yang mendaratkan wahana seperti itu di Mars.

Bukan Cuma Pekalongan, Semarang & Demak Juga Terancam Tenggelam

Ancaman tenggelam di Jawa Tengah bukan hanya dihadapi Kota Pekalongan, tetapi juga Semarang dan Demak yang berada di wilayah pesisir.

Wisata Air Cokro Tulung Klaten Is Back, Ada Wahana Baru?

Objek Wisata Air Cokro atau OMAC di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah, kembali dibuka setelah setahun lebih tutup karena pandemi.