Sosok Fadhila Haifa' Afifah. (Facebook-DaQu Indonesia)

Prestasi Madiun menyuguhkan seorang anak dari tukang tambal ban yang berhasil hafal Alquran hanya 16 bulan.

Solopos.com, MADIUN -- Fadhila Haifa' Afifah mampu menghafal Alquran hanya dalam waktu 16 bulan, yakni sejak Juni 2013 hingga Oktober 2014. Anak pasangan Poniran yang bekerja sebagai tukang tambal ban dan Darmini yang berjualan bahan sembilan bahan pokok (sembako) tersebut menghafal Alquran sejak kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI).

"Gadis kelahiran 17 April 2000 ini mulai memiliki niatan menghafal Alquran sejak kelas VI Madrasah Ibtidaiyah karena membaca hadis yang berisi keutamaan menghafal Alquran, yakni bisa menyelamatkan orangtua di akhirat kelak," tulis pengelola fanpage DaQu Indonesia yang merupakan Rumah Tahfidz atau penghafal Alquran milik Ustaz Yusuf Mansur, Jumat (25/12/2015) pukul 14.00 WIB.

Seelah lulus MI, Dila sapaan akrab Fadhila Haifa' Afifah melanjutkan pendidikan di salah satu pondok pensantren setingkat SMP di Kabulapaten Madiun hingga mampu menghafal Alquran sedikitnya 2-3 lembar per hari.

Dia memanfaatkan waktu menghafal Alquran selepas salat subuh, sore setelah salat ashar, dan seusai salat maghrib hingga pukul 20.00 WIB. Dila menggunakan metode menghafal dengan membaca teks Al Quran secara berulang-ulang sampai lancar.

"Waktu itu ikut progran menghafal ekstensi, jadi ada cara khusus untuk menghafal [Alquran]. Awalnya satu lembar, kemudian ditambah jadi dua lembar dan seterusnya," kata Dila yang dikutip Madiunpos.com dari penjelasan pengelola fanpage Facebook DaQu Indonesia.

Dila yang bercita-cita menjadi dosen matematika tersebut bahkan pernah bisa menghafal Alquran 17,5 halaman dalam sehari. Pantauan Madiunpos.com di Facebook, tidak dijelaskan secara pasti sekolah maupun rumah Tahfidz di Madiun yang menjadi tempat belajar Dila, khususnya dalam merangsang dalam proses penghafalan Al Quran.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten