SOLOPOS.COM - Ilustrasi trofi Wahana Tata Nugraha (WTN). (JIBI/Solopos/Antara-Istimewa)

Prestasi Jateng kembali terbukukan seiring diraihnya penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratamtama untuk kali ke-4.

Semarangpos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah kembali menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratamtama. Sudah empat kali berturut-turut prestasi mengelola pengembangan dan membina kabupaten-kota dalam menata lalu lintas itu dicatatkan Jateng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Penghargaan ini merupakan kali keempat yang diperoleh Provinsi Jateng sejak 2013,” kata Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Selasa (31/1/2017).

Menurut dia, meskipun sudah keempat kali menerima WTN Wiratamtama, tapi penghargaan itu tetap istimewa karena semua itu tidak lepas dari peran aktif masyarakat dan kinerja jajaran Pemprov Jateng yang semakin meningkat, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia menjelaskan poin unggulan dari penghargaan WTN Wiratamtama 2016 itu, antara lain menyangkut ketertiban berlalu lintas, pengaturan jalur trayek, kedisiplinan pengemudi, pengaturan lalu lintas, serta penunjuk arahnya.

Peran aktif masyarakat, kata dia, menjadi kunci utama, akan tetapi tentu dengan dukungan semua pihak, termasuk kepolisian. Ia berharap, budaya tertib berlalu lintas masyarakat terus ditingkatkan, baik perilaku di jalan raya maupun kelengkapan fisik serta surat-surat kendaraan.

“Bukan kaitannya dengan perolehan penghargaan, tapi lebih pada mewujudkan keamanan serta kenyamanan berlalu lintas dan yang lebih penting, masyarakat disiplin serta tertib berlalu lintas sehingga semuanya merasa nyaman, angka kecelakaan terus menurun,” ujarnya.

Penghargaan WTN Wiratamtama 2016 diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017).

Selain gubernur, penghargaan juga diberikan kepada Kapolda Jawa Tengah dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengatakan penghargaan WTN keempat diberikan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. KP 588/2016 tanggal 23 September 2016 tentang Penerima Penghargaan WTN untuk Pemerintah Provinsi, Kabupaten-Kota Tahun 2016.

“Penghargaan diberikan atas keberhasilan dalam mengelola dan pengembangan lalu lintas dan angkutan jalan serta dalam membina kabupaten/kota dalam bidang lalu lintas dan angkutan jalan,” katanya didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng Dadang Soemantri.

Beberapa kabupaten/kota di Jateng juga memperoleh Piala WTN Kencana, yaitu Kota Solo, Kota Semarang, Kabupaten Pati, Purwokerto, Banyumas, serta Kabupaten Kudus, Jepara, Sragen, Wonogiri, dan Sukoharjo.

Daerah dengan kategori kota sedang yang memperoleh WTN lalu lintas, yakni Kota Salatiga, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kota Magelang, dan Kabupaten Semarang. Peraih WTN kategori lalu lintas kota kecil adalah Kabupaten Kendal, Klaten, Boyolali, Rembang, Magelang, Wonosobo, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara dan Karanganyar, sedangkan yang memperoleh plakat Wahana Tata Nugraha adalah Kabupaten Brebes dan Batang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya