Kategori: Sragen

PRESTASI DAERAH : Unit Penanggulangan Kemiskinan Sragen Terbaik II Se-Asia Pasifik


Solopos.com/Kurniawan/JIBI/Solopos

Prestasi daerah Sragen membanggakan Unit Pelayanan Terpadu Penaggulangan Kemiskinan terbaik kedua di Asia Pasifik.

Solopos.com, SRAGEN -- Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Sragen meraih juara II regional Asia Pasifik kategori Promoting Whole of Government Approaches in The Information Age dalam United Nation Public Services Award (UNPSA).

Tim penilai UNPSA resmi merilis pengumuman tersebut pada Kamis (7/5/2015) lalu. Integrated Service Unit on Poverty Relief (ISUPR) Sragen yang merupakan nama internasional UPTPK dinilai mampu menunjukkan kualitas pelayanan publik yang baik.

Penjelasan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto saat acara jumpa pers di Kompleks Setda Sragen, Jumat (8/5/2015) lalu. Menurut dia UNPSA adalah ajang pemberian penghargaan di bidang pelayanan publik.

Ajang tersebut dimulai tahun 2003. Tapi keikutsertaan Sragen dalam ajang tersebut baru tahun ini. "Prestasi yang diraih UPTPK Sragen menjadi indikator penting pelayanan publik dan reformasi birokrasi yang lebih baik di Tanah Air," terang Tatag.

Sekda menjelaskan ada empat kategori lomba dalam ajang UNPSA 2015. Empat kategori tersebut yaitu Improving The Delivery of Public Services, Fostering Participation in Policy Making Decisions Through Innovative Mechanisms, serta Promoting Whole of Government Approaches in The Information Age.

Yang terakhir yaitu kategori Promoting Gender Responsive Delivery of Public Services. UPTPK Sragen masuk dalam kategori Promoting Whole of Government Approaches in The Information Age yang menitikberatkan pada pendekatan kolaboratif.

Sedangkan Kepala UPTPK Sragen, Suyadi menjelaskan awalnya UPTPK masuk daftar 33 nominator pemenang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2014. Sebanyak 33 nominator diikutsertakan dalam UNPSA 2015 oleh Kemenpan dan RB.

Pada seleksi tahap I, UPTPK Sragen berhasil menembus 14 nominator yang masuk penilaian selanjutnya. Dari jumlah tersebut, pada 26 Maret 2015 dinyatakan hanya lima nominator yang berhak masuk penilaian tahap III (akhir).

Kelima nominator dari Indonesia yaitu Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sragen (Jateng), Kabupaten Sumenep (Jatim), dan Kabupaten Kulonprogo (Jogja). "Hingga pada Kamis [pekan lalu] diumumkan," kata dia.

Rencananya pemberian penghargaan akan dilakukan pada 23-26 Juni 2015 di Medelin, Republik Kolombia. Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman dijadwalkan datang langsung dalam acara tersebut untuk menerima penghargaan.

Sementara Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Sragen, Tugiyono mengatakan predikat juara diberikan per wilayah regional atau benua. UPTPK Sragen menjadi juara II se-Asia Pasifik.

Share
Dipublikasikan oleh
Rini Yustiningsih