SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi arsip.

Prestasi daerah diterima Kota Jogja, arsip Kota Jogja dinobatkan sebagai lembaga kearsipan daerah terbaik nasional 2016

Harianjogja.com, JOGJA-Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Jogja dinobatkan sebagai lembaga kearsipan daerah terbaik nasional 2016 oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB), Asman Abnur di Jakarta, Rabu pekan lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Kantor Arpusda Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko mengatakan ada delapan aspek penilaian dalam memperoleh penghargaan tersebut, yakni kebijakan, pembinaan, pengelolan arsip dinamis, program arsip vital, pengelolaan arsip statis dan sumber daya manusia (SDM).

Menurut Wahyu, yang menjadi nilai lebih Arpusda Kota Jogja dibanding Arpusda daerah lainnya di antaranya adalah arsip kota memiliki saranana penyimpanan arsip vital berupa vaulting, selain itu juga depo arsip dinamis dan statis yang telah memenuhi standar kearsipan

Untuk meningkatkan kualitas SDM pengelola kerarsipan, pihaknya menggelar perlombaan pengelolaan arsip antar Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) “Lomba ini efektif untuk meningkatkan kualitas SDM kearsipan agar para arsiparis lebih berkompeten, andal, berdedikasi dan berkinerja baik serta untuk menumbuhkan kesadaran arsip di kalangan PNS,” kata Wahyu dalam rilis tertulisnya yang diterima Harianjogja.com, Minggu (21/8/2016).

Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengapresiasi atas prestasi yang diraih Kantor Arpusda Kota Jogja. Ia berharap prestasi tersebut dipertahankan. Menurutnya penghargaan itu bukan hanya sebatas penghargaan, namun pentingnya pengelolaan arsip mulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan serta penyimpanan berkas menurut sistem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya