Presidium MER-C Tak Membantah Maupun Membenarkan Dokumen Hasil Swab Rizieq Syihab yang Beredar
Potongan gambar dokumen yang disebut hasil uji swab Habib Rizieq Syihab. (suara.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Lembaga Kemanusiaan MER-C yang memeriksa swab Habib Rizieq Syihab mengklaim tidak tahu menahu soal foto hasil tes sang pimpinan FPI tersebut yang beredar di internet. Meski demikian, Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad, tidak membenarkan maupun membantah isi dokumen tersebut.

Ia hanya mengatakan pihaknya tidak pernah menyebarkan foto tersebut di internet. "MER-C tidak pernah mengeluarkan surat itu, prinsipnya MER-C sudah menyerahkan ke yang bersangkutan (Habib Rizieq). Kemudian beliau atau keluarganya yang berhak menyampaikan itu, MER-C tidak mau ikut campur masalah itu," kata Sarbini saat dihubungi Suara.com, Rabu (2/12/2020).

Dokumen Hasil Uji Swab Beredar Sebut Rizieq Syihab Positif Covid-19, FPI: Hoaks

Sarbini juga tidak mengungkapkan surat tersebut benar atau salah. Sebab hasil lab menurutnya adalah rahasia pasien yang harus dijaga. "Saya tidak berkomentar (surat itu) salah, saya tidak mengomentari surat itu, tugas MER-C adalah menyampaikan hasil lab kepada yang bersangkutan, itu sudah jadi domain pribadi pasien," ucapnya.

Sebelumnya, foto hasil tes swab Habib Rizieq Syihab yang dikeluarkan lembaga medis MER-C beredar di internet. Dalam foto itu disebut bahwa pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu terkonfirmasi positif Covid-19.

Ini Alasan Habib Rizieq Rahasiakan Hasil Tes Swab Covid-19

Tertulis dalam foto tersebut nama Muhammad R Shihab, lahir pada 24 Agustus 1965, sama dengan tahun kelahiran Habib Rizieq. Sementara tes swab digelar pada 27 November 2020 dan hasilnya keluar pada 28 November 2020.

"Jenis pemeriksaan: SARS-Cov-2 Nucleic Acid Test (RT-PCR), Hasil: Positif," tulis surat tersebut.

Sumber: Suara.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom