SOLOPOS.COM - Mantan juru bicara parlemen Singapura Halimah Yacob bersama suaminya, Mohammed Abdullah Alhabshee, saat memasukkan dokumen nominasinya sebagai presiden Singapura, Rabu (13/9/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Edgar Su)

Halimah Yacob akan menjadi Presiden Singapura pertama dari kalangan Melayu dalam 47 tahun terakhir.

Solopos.com, SINGAPURA — Halimah Yacob terpilih menjadi Presiden Singapura dan dilantik hari ini, Rabu (13/9/2017). Dia menjadi Presiden perempuan pertama Singapura dan orang Melayu pertama yang terpilih sebagai kepala negara dalam 47 tahun terakhir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Halimah akan dilantik sebagai Presiden ke-8 Singapura pada pukul 18.00 waktu setempat di Istana. “Saya presiden untuk semua orang. Meskipun ini adalah reserved election [pemilihan sebagian untuk warga Melayu], saya bukan reserved president [presiden untuk sebagian golongan],” kata dia kepada para pendukungnya seperti dikutip Solopos.com dari Channelnewsasia.com, Rabu (13/9/2017).

Pernyataan itu dikatakannya setelah Chief Executive The Energy Market Authority dan Returning Officer, Ng Wai Choong, mengumumkan pemilihan Halimah sebagai presiden.

Halimah adalah satu-satunya dari tiga kandidat prospektif yang mendapatkan sertifikat kelayakan untuk pemilihan presiden tahun ini, yang diperuntukkan bagi komunitas Melayu. Dua kandidat presiden lainnya, Mohamed Salleh Marican dan Farid Khan, tidak mendapatkan sertifikat kelayakan.

Dalam pidato berbahasa Inggris dan Melayu, Halimah mengucapkan terima kasih kepada warga Singapura dan menyerukan persatuan. “Kemi membutuhkan setiap orang Singapura untuk berdiri bersama bahu-membahu. Kita belum mencapai puncak. Yang terbaik akan datang. Saya ingin kita fokus pada persamaan daripada perbedaan,” ujarnya.

Pada Rabu pagi, para pendukungnya yang mengenakan baju oranye berkumpul di markas People’s Association di Jl. King George’s Avenue untuk menyambutnya. Mereka meniup peluit dan meneriakkan namanya ketika Halimah tiba di sana pukul 11.30 waktu setempat. Halimah didampingi suaminya, Mohamed Abdullah, berikut para pengusung dan pendukungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya