SOLOPOS.COM - Presiden SBY

Presiden SBY

JAKARTA–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan anak-anak harus dilindungi dan dijauhkan dari segala bentuk kekerasan fisik maupun nonfisik untuk menjamin tumbuh kembang yang baik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Selama beberapa tahun terakhir ini, dalam kaitan dengan anak-anak Indonesia, pada hakikatnya pemerintah melaksanakan dua agenda utama, yaitu perlindungan dan pemberdayaan bagi anak-anak,” kata Presiden dalam peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan di Teater Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu.

Namun, Presiden mengatakan, meski pemerintah menjalankan program perlindungan dan juga mendorong pemberdayaan anak-anak, peran orang tua tetap penting dalam mendidik dan mendampingi tumbuh kembang anak.

“Sebagai orang tua, kita berkewajiban untuk menjaga dan melindungi anak-anak kita dari berbagai bentuk kejahatan, kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi,” katanya.

Terkait dengan pendidikan dan pengembangan anak, Presiden mengatakan tanpa disadari para orang tua saat ini sering dihinggapi “goncangan budaya”.

“Banyak orang tua yang menganggap anak-anaknya memiliki cara berpikir, pergaulan, mind set dan lainnya yang menyimpang dari nilai-nilai yang seharusnya,” katanya.

Menurut Presiden, padangan tersebut sampai batas tertentu barangkali benar, tapi pada sisi lain bisa jadi ada permasalahan antara pemikiran orang tua dengan masa di mana anak-anaknya berada sekarang.

“Dalam kaitan itu, orangtua tidak lagi tepat untuk sekedar mengatakan, ‘Jangan ini…! dan Jangan itu…!’ kepada anaknya,” ujarnya.

Presiden menegaskan komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua harus selalu terjalin. Orang tua diharapkan tidak hanya sekadar melarang tetapi juga memberikan pemahaman kepada anak.

Dalam peringatan Hari Anak Nasional 2012 yang berlangsung di Teater IMAX Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah tersebut Presiden Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Turut hadir Ketua Panitia Peringatan Hari Anak Nasional 2012 Menteri Agama Suryadharma Ali dan sejumlah menteri terkait mengikuti acara yang berlangsung pukul 10.00 WIB.

Puncak acara peringatan HAN 2012 kali ini dibagi ke dalam dua bagian, yakni acara di dalam Teater Keong Mas yang dihadiri Presiden, Ibu Negara dan sekitar 700 undangan dan acara di luar Teater Keong Mas yang diikuti oleh 1.200 peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya