SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Denpasar–Presiden SBY membuka ajang seni dan budaya Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32. PKB bertajuk Sudamala, yaitu mendalami kemurnian nurani.

Pembukaan PKB digelar di panggung Arda Candra, Art Center, Denpasar, Jl Nusa Indah, Denpasar, Sabtu (12/6). Ribuan masyarakat Bali menyaksikan pembukaan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

SBY membuka PKB dengan mengenakan pakaian adat Bali, yaitu berdestar, safari coklat. “PKB pagelaran seni dan budaya selalu ditunggu-tunggu masyarakat nusantara dan mancanegara. Saya menaruh hormat dan bangga dengan masyarakat Bali yang taat beragama, dan selalu berkreasi seni dan budaya,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

SBY mengatakan setiap pagelaran, PKB selalu menawarkan seni yang kaya dan penuh warna. “Semua itu sungguh sayang untuk dilewatkan,” katanya.

SBY berharap Bali bisa menggelar World Culture Forum yang dihadiri oleh pengelola parwisata, ahli dan LSM lingkungan, dan pemimpin dunia. “Saya mengajak tokoh Bali untuk realisasikan gagasan ini sehingga suatu saat WCF digelar di Bali setiap tahun,” katanya.

PKB digelar selama sebulan, sejak 12 Juni-12 Juli 2010. Sebanyak 15 ribu seniman dengan 335 pagelaran seni dan budaya akan ditampilkan selama pagelaran. Ajang seni dan budaya, yaitu Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32 dimeriahkan oleh enam negara dan 20 daerah nusantara.

Enam negara yang akan menampilkan keunikan seni dan budayanya, yaitu Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Prancis, India dan Swedia. Sedangkan 20 daerah yang terlibat, di antaranya Malang, Jawa Timur, Gorontalo, Jakarta Barat, Sulawesi Barat.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan PKB menjadi pesta budaya dari nusantara dan mancanegara. Selama PKB, digelar pawai, pagelaran, parade, kuliner masakan Bali, dan sarasehan.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya