SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ankara–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyampaikan pandangan Indonesia mengenai sejumlah hal khususnya peluang kerja sama di depan Parlemen Turki pada Selasa (29/6) sore waktu Ankara atau Selasa malam waktu Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Presiden Yudhoyono dalam briefing kepada rombongan resmi di Ankara, Senin (28/6) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk materi pidato di depan Parlemen Turki, stukturnya secara sederhana ada dua bagian, yang pertama mengenai apa yang bisa kita tingkatkan bersama dalam kerja sama bilateral di bidang ekonomi, agama, pendidikan dan kebudayaan serta politik internasional,” kata Presiden.

Kepala Negara mengatakan, kejelasan mengenai apa yang akan disampaikan tentang peluang kerja sama saling menguntungkan kedua negara tersebut diharapkan mampu ditangkap langsung oleh anggota parlemen Turki.

Hal kedua yang akan disampaikan adalah mengenai peran dalam berbagai lingkaran politik internasional sehingga menguntungkan kedua negara dan membantu menyelesaikan berbagai masalah.

“Antara lain, sebagai sesama anggota OKI, bisa lakukan banyak hal untuk kepentingan komunitas Islam. Juga memberikan kontribusi terhadap proses damai menuju kemerdekaan Palestina,” katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan memberi pidato di depan parlemen Turki selama lebih kurang 30 menit. Substansi pidato Presiden, menurut staf khusus bidang luar negeri Dino Pati Djalal, merujuk kepada hubungan khas kedua negara termasuk 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Titik berat kerja sama antara kedua negara yang akan disampaikan dalam pidato presiden setidaknya ada lima hal, yaitu kerja sama dalam melakukan reformasi ekonomi global, kerja sama mendorong adanya kondisi harmoni sebagai upaya menjadikan abad ke-21 sebagai abad soft power dan kerja sama mempromosikan demokrasi tanpa memaksakan bentuk demokrasi.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya