SOLOPOS.COM - Pasoepati Aboncu membuat sarana cuci tangan secara swadaya di Kampung Gabudan, Joyosuran, Pasar Kliwon, akhir Maret lalu. (Istimewa Pasoepati Aboncu)

Solopos.com, SOLO — Aulia Haryo Suryo belum memutuskan apakah akan maju kembali dalam pemilihan presiden Pasoepati 2020-2022 dalam kongres tahun ini.

Lelaki yang akrab disapa Rio itu mengatakan belum saatnya bicara kontestasi lantaran Solo masih terpapar pandemi corona. Saat ini kepengurusannya memilih fokus mendorong anggota untuk terjun membantu warga memerangi Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski jadwal kongres belum jelas menyusul wabah corona, nama Rio mulai didorong sejumlah arus bawah untuk kembali nyalon dalam kongres tahun ini. Ketua Majelis Pasoepati, Ekya Sih Hananto, pun mengisyaratkan dukungannya pada mantan pentolan Pasoepati Crayon itu.

PDAM Sragen Beri Diskon Terkait Wabah Corona, 150 Pelanggan Tak Perlu Bayar

Namun Rio memilih enggan bicara soal kontestasi sebelum wabah Covid-19 mereda. “Kondisinya kan masih kaya gini, enggak elok kalau saya bicara soal mencalonkan diri lagi. Nanti setelah corona mereda saya akan menentukan sikap,” ujar Rio saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/4/2020).

Rio mengatakan fokus DPP saat ini adalah menggeber kampanye untuk mengantisipasi persebaran Covid-19. Sejumlah konten telah disebarluaskan melalui media sosial seperti Twitter dan Instagram. Rio juga terus mendorong korwil hingga suku-suku di Pasoepati ikut membantu masyarakat lewat gerakan sosial.

Menurut Rio, sudah banyak korwil maupun suku yang menggelar kegiatan mandiri seperti pembagian masker, pembuatan sarana cuci tangan hingga penyemprotan disinfektan. “Mereka bergerak di kampung-kampung mereka sendiri. Meski lingkupnya kecil, aksi ini efektif karena dilakukan di banyak wilayah,” ujarnya.

Hai Driver Ojol Jakarta, Orang Terkaya Ini Bagi Makanan Gratis Setiap Hari Untukmu

Bakti Sosial

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Pasoepati Korwil Colomadu (Ancol) telah melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya di kawasan setempat sejak akhir Maret lalu. Sementara itu, Pasoepati Aboncu melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker gratis di Kampung Gabudan, Joyosuran, Pasar Kliwon dan sekitarnya.

Ada pula aksi suporter Ultras 1923 yang membagikan hand sanitizer dan masker gratis kepada pengguna jalan. “Masih banyak inisiatif dari suku maupun korwil lain yang patut ditiru dan diapresiasi,” ujar Rio.

Bukan Bulat Atau Datar, CEO Zoom Kampanye Bumi Bentuk Hati

Sementara itu, Pembina Pasoepati, Ginda Ferachtriawan, mendukung langkah Rio yang belum mau membahas soal pencalonan kembali sebagai presiden Pasoepati. Ginda mengatakan prioritas Pasoepati saat ini mestinya adalah kegiatan sosial.

“Ini saatnya Pasoepati berbuat lebih banyak untuk masyarakat. Soal kongres nanti ada saatnya, tunggu KLB [kejadian luar biasa] corona di Solo dicabut,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya