SOLOPOS.COM - (AFP)

(AFP)

KAIRO–Mohamed Morsi bersumpah akan menjadi pemimpin bagi semua warga Mesir. Janji ini disampaikan figur Ikhwanul Muslimin itu setelah dirinya terpilih menjadi presiden baru Mesir, menggantikan presiden terguling Hosni Mubarak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya akan menjadi presiden bagi semua warga Mesir,” kata Morsi beberapa jam setelah dinyatakan sebagai pemenangan pemilihan presiden Mesir.

“Saya meminta kalian, rakyat Mesir yang hebat… untuk memperkuat persatuan nasional kita,” seru Morsi seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (25/6/2012).

“Persatuan nasional satu-satunya cara untuk keluar dari masa-masa sulit ini,” imbuh Morsi.

Dalam pemilihan presiden (pilpres) bersejarah Mesir, Morsi berhasil mengalahkan rivalnya, Ahmed Shafiq dengan dengan meraih 51,73 persen suara. Dengan kemenangannya ini, Morsi menjadi presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis sejak revolusi untuk menggulingkan kekuasaan Mubarak.

Dalam pidatonya itu, Morsi juga mengucapkan terima kasih kepada para martir dalam revolusi. “Revolusi berlanjut,” tandasnya.

Pria berumur 60 tahun itu juga bersumpah akan menghormati perjajian-perjanjian internasional. “Kami datang dengan damai. Mesir merupakan negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel, pada tahun 1979,” ujar Morsi.

Ratusan ribu pendukung Morsi tumpah-ruah di Lapangan Tahrir, Kairo untuk merayakan kemenangan Morsi. Mereka bersorak-sorai gembira begitu kepala komisi pemilihan umum, Faruq Sultan mengumumkan terpilihnya Morsi sebagai presiden Mesir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya