Presiden Jokowi: Vaksin Covid-19 Gratis untuk Masyarakat
Presiden Joko Widodo. (Covid19.go.id)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan vaksin Covid-19 akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Kabinet, Rabu (16/12/2020).

Dengan demikian, masyarakat tidak akan dipungut biaya sama sekali jika ingin mendapatkan vaksin.

“Dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali,” ujar Presiden Joko Widodo.

Jajan ke Warung Lupa Bawa Duit, Kades Glodogan Klaten Ninggal Sepatu Bermerek sebagai Jaminan

Keputusan tersebut diambil setelah pemerintah menerima masukan dari masyarakat dan melakukan kalkulasi keuangan negara. Dengan keputusan ini, Presiden Jokowi menginstruksikan lembaga terkait memprioritaskan program vaksinasi.

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait kesediaan dan vaksinasi secara gratis ini. Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapat vaksin,” tegasnya.

Selanjutnya Presiden Jokowi menyampaikan kesediannya menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan keyakikan masyarakat, apalagi vaksin Covid-19 diberikan secara gratis.

“Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman,” tegasnya.

Sukses Isolasi Mandiri, 269 Pasien Positif Covid-19 di Karanganyar Sembuh

Tidak ketinggalan, Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan 3M merupakan langkah kebaikan untuk semua pihak.

“Saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M [menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan] untuk kebaikan kita semuanya,” tandasnya.

Ojo Sembrono, Jajan di Hik Kota Solo Wajib Taat Prokes

Diberitakan sebelumnya, Indonesia menyiapkan dua skema vaksinasi Covid-19 yang akan dimulai 2021, yakni program pemerintah dengan vaksin gratis dan program mandiri.

Pada program mandiri, masyarakat harus membayar sendiri vaksin Covid-19 mereka. Diperkirakan nilai vaksin Covid-19 mencapai Rp200.000. Namun pada akhirnya vaksin Covid-19 bakal diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia.



Berita Terkini Lainnya








Kolom