SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KULON PROGO — PT Angkasa Pura I kembali menunda pengoperasian New Yogyakarta International Airport atau Bandara Internasional Yogyakarta Baru di Kulon Progo, Daerah Isitmewa Yogyakarta (DIY). Penundaan itu disebabkan batalnya peresmian bandara oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang awalnya dijadwalkan pada 29 April 2019.

Dilaporkan Okezone, Sabtu (27/4/2019), Juru Bicara Proyek Bandara Internasional Yogyakarta Baru, Agus Pandu Purnama, mengatakan informasi penundaan peresmian pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta itu ia dapat pada Jumat (26/4/2019) malam. Menurut informasi yang ia terima, presiden telah menunda peresmian bandara di Kulon Progo tersebut hingga waktu yang belum ditentukan.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Tim advance kepresidenan menginformasikan bahwa presiden menunda peresmian tersebut sampai batas waktu yang belum ditentukan. Tapi alasannya apa, saya juga belum tahu karena secara resmi, kami juga belum terima suratnya,” kata Agus.

Di sisi lain, Agus Pandu mengatakan tim advance kepresidenan sudah disiapkan untuk take-off dan landing atas permintaan sekretariat militer presiden. Ia mengatakan sudah meminta konfirmasi kepada Komandan Lanud Adisutjipto dan mendapat jawaban bahwa sudah disiapkan pesawat Boeing 737 seri 500 yang akan melakukan take-off dan landing di Bandara Internasional Yogyakarta Baru.

“Namun sampai sore ini, saya mencoba menghubungi lagi untuk kesiapannya, karena saya harus menyiapkan untuk Minggu masih belum ada jawaban dari Jakarta. Nanti saya juga akan pastikan ke komandan lanud,” katanya.

Agus Pandu mengatakan take off dan landing menjadi persyaratan pesawat kepresidenan bisa mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta Baru sehingga dirinya belum bisa memberikan kepastian.

“Selama dua hari ini, tim advance kepresidenan hadir dan melakukan rapat dengan direksi kami untuk mempersiapkan peninjauan dari sisi apa pun. Bahkan, kami sudah menunjuk EO, undangan sudah ada. Tapi tiba-tiba tim advance ditarik karena dibatalkan. Kami selaku operator bandara sudah siap,” tandasnya.

Sebelumnya, peresmian Bandara Internasional Yogyakarta Baru juga sempat ditunda. Rencana awal peresmian bandara ini akan dilakukan pada 7 April. Namun kemudian ditunda menjadi akhir april. Dengan penundaan ini artinya peresmian bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I ini sudah mundur dua kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya