SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan dua ekor sapi untuk kurban di Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Solo. Tapi spesifikasi dua ekor sapi tersebut belum diketahui, baik jenis, bobot, dan asalnya.

“Yang jelas dari Presiden memberikan dua sapi untuk Masjid Agung dan Masjid Al Wustho pada Idul Adha tahun ini. Tapi spesifikasinya belum dapat, baik jenisnya, berat berapa, dan dari mana asalnya. Kemarin baru berita acaranya saja,” ujar Sub Koordinator Bina Mental dan Spiritual Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto, saat diwawancarai Solopos.com melalui ponsel, Jumat (8/7/2022).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Menurut Bambang, sapi dari Presiden Jokowi akan tiba di dua masjid itu pada Sabtu (9/7/2022) sore atau malam. Sedangkan penyembelihan dua sapi tersebut akan dilakukan oleh panita kurban pada Minggu (10/7/2022) pagi hingga siang.

Bambang mengatakan Presiden Jokowi rutin memberikan sapi kurban di Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Solo. Disinggung untuk hewan kurban dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Wawali Solo, Teguh Prakosa, Bambang mengaku tidak tahu.

Sebab menurutnya hal itu merupakan kurban dari pribadi Gibran dan Teguh. Yang jelas Bambang menyatakan pada momentum Iduladha 2022 Pemkot Solo akan memberikan hibah delapan ekor sapi ke sejumlah masjid di Kota Bengawan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kurban 2 Ekor Sapi Untuk Masjid Di Solo, Mana Saja?

Kehormatan

Seingatnya pada tahun lalu Pemkot Solo juga memberikan hibah tujuh sapi kurban. “Kalau Pemkot Solo nanti hari Minggu akan memberikan delapan sapi kepada masjid di Solo. Statusnya hibah. Untuk kurban Pak Wali tidak tahu noh,” paparnya.

Penuturan senada disampaikan Ketua Takmir Masjid Agung Solo, Muhtarom, saat dihubungi Solopos.com. Menurutnya, sudah ada informasi dari Bagian Kesra Setda Solo ihwal akan adanya sapi kurban dari Presiden Jokowi di masjid itu.

Tapi untuk spesifikasinya Muhtarom mengaku belum tahu pasti. Dia berharap sapi kurban dari Jokowi tiba tidak terlalu cepat. “Harapan saya mendekati penyembeliham, karena kami tidak ingin risiko. Syukur-syukur malam hari,” katanya.

Baca Juga: Sapi Kurban Jokowi di Jogja Berbobot 1 Ton Lebih, Ini Penampakannya

Namun kapan pun sapi kurban Jokowi datang, Muhtarom memastikan akan diterima dengan sebaik-baiknya. Sebab menurutnya sudah dipercaya untuk menyembelih sapi kurban dari Presiden saja sudah merupakan kehormatan bagi takmir masjid setempat.

Apalagi selama ini Jokowi rutin memberikan hewan kurban ke Masjid Agung Solo sejak menjadi Wali Kota Solo. “Pak Jokowi rutin kurban di Masjid Agung, sejak jadi Wali Kota sampai sekarang, termasuk ketika jadi Gubernur DKI Jakarta,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya