Presiden Jokowi Siap Jajal KRL Jogja - Solo, Ini Jadwal Kegiatannya
KRL Jogja-Solo berhenti di Stasiun Solo Balapan pada hari pertama pengoperasian, Rabu (10/2/2021). (Solopos/Farida Tristaningtyas)

Solopos.com, SOLO—Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal menjajal moda transportasi anyar kereta rel listrik (KRL) Jogja - Solo pada Senin (1/3/2021).

Jokowi nantinya direncanakan naik KRL dari Stasiun Yogyakarta dan berhenti atau turun di Stasiun Klaten. Danrem 074 Surakarta, Kolonel Inf Rano Tilaar, mengatakan Presiden Jokowi menjajal KRL tersebut termasuk kunjungan incognito (mendadak) dan bukan kenegaraan.

Jokowi direncanakan menggunakan KRL Jogja - Solo dari Stasiun Tugu Yogyakarta sampai Stasiun Klaten. Selanjutnya, dari Klaten melalui jalan darat menuju kediaman di Sumber, Solo, lalu kembali ke Jakarta.

Baca Juga: Kaesang Pengarep Beli Saham Bali United? Penasaran Nih…

“Terakhir dalam rapat hanya sampai Klaten [Jokowi]. Kalau ada perubahan kembali kami akan menyesuaikan. Kami sudah menyiapkan pengamanan di dua alternatif. Manakala beliau menggunakan kendaraan menuju wilayah Soloraya atau naik KRL sampai Stasiun Solo Balapan,” kata dia, kepada wartawan, Sabtu (27/2/2021).

Pintu Perlintasan Sebidang

Rano menambahkan pihaknya sudah mengecek langsung perjalanan KRL Jogja - Solo. Selain itu, pihaknya juga telah plotting wilayah yang dinilai masuk medan kritik (titik taktis).

Baca Juga: Investasi Bodong Tumbuh Subur Di Indonesia, Ini Penyebabnya

Di sisi lain, sepanjang jalur Jogja - Solo diketahui banyak pintu perlintasan sebidang KA yang tidak menggunakan palang pintu maupun tidak ada penjagaan. Menurutnya, pada lokasi-lokasi ini seringkali masyarakat mengabaikan.

Maka dari itu, pihaknya menandai sekaligus memetakan wilayah yang sering terjadi gangguan keamanan terhadap KA.

“Ini sudah kami data dan kami duduki sehingga tidak terjadi ancaman keamanan. Beliau direncanakn dari Tugu pada Senin sekitar pukul 14.00 WIB,” jelas dia.



Berita Terkini Lainnya








Kolom