SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi (JIBI/dok)

Presiden Jokowi menunaikan kewajibannya sebagai muslim dengan membayar zakat.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo hari ini membayar kewajiban zakat sebagai seorang muslim di Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi menyalurkan zakatnya lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Ketua Baznaz Bambang Sudibyo mengatakan, Presiden Jokowi menyampaikan amanah zakatnya kepada Baznas sebesar Rp40 juta.

“Sebesar Rp40 juta. Itu zakat profesi dan zakat maal,” kata Bambang saat ditemui wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, seperti dilansir detikcom, Selasa (28/6/2016).

Bambang mengatakan, Presiden menitipkan pesan agar pembayaran zakat ini lebih digaungkan. “Presiden minta ini untuk digelorakan,” katanya.

Bambang pun menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi karena telah menjadi tauladan baik bagi rakyat Indonesia karena telah menyalurkan zakatnya lewat pengelola zakat yang resmi.

Bambang mengatakan, selama 2015, zakat yang berhasil dihimpun oleh Baznas secara nasional sebesar Rp 3,6 triliun. Baznas pun menargetkan, selama bulan Ramadan 2016 ini diharapkan jumlah zakat yang terhimpun mencapai angka Rp 2 triliun.

“Di bulan Ramadan saja target kami Rp 2 triliun se-Indonesia, dari pusat provinsi kabupaten/kota. Di tengah Ramadan ini sudah Rp 1 triliun. Tahun lalu malah satu bulan Ramadhan Rp 1 triliun sekian. Target kami naikkan. Kalau target satu tahun itu kami naikkan dari Rp 4 triliun menjadi Rp 5 triliun se-indonesia untuk 2016. Sedangkan untuk Ramadan saja tahun ini ditargetkan Rp 2 triliun,” jelasnya.

“Itu yang dihimpun lembaga amil zakat yang resmi. Di pusat ada Baznas, di provinsi ada 34 Baznas provinsi dan ada juga Baznas kabupaten/kota, di samping ada 250 Lembaga Amil Zakat yang swasta. Masih banyak zakat-zakat yang dibayarkan pada lembaga-lembaga di luar itu yang tentu tidak kita hitung. Termasuk zakat yang disalurkan sendiri,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya