SOLOPOS.COM - Presiden RI Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kiri) berdialog dengan sejumlah petani di sela-sela peresmian Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (27/12/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana meresmikan Bendungan Sadawarna, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat yang dibiayai dengan uang negara senilai Rp2 triliun, pada Selasa (27/12/2022).

Bendungan Sadawarna yang mulai dibangun pada 2018 merupakan bendungan ke-33 yang diresmikan sejak Presiden mencanangkan proyek pembangunan bendungan di sejumlah daerah di Tanah air delapan tahun lalu.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, pagi hari ini saya resmikan Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat,” ujar Presiden Jokowi, seperti dikutip Solopos.com dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (27/12/2022).

Presiden menyatakan pemerintah mengeluarkan dana hingga Rp2 triliun untuk membangun Bendungan Sadawarna.

Baca Juga: Rudy Temui Jokowi di Istana di Tengah Isu Reshuffle Kabinet

Diharapkan, bendungan seluas 695 hektare tersebut bisa mengairi 4.280 hektare sawah di dua kabupaten yakni Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu.

Setelah Bendungan Sadawarna beroperasi, Jokowi berharap produksi padi di dua kabupaten itu diharapkan meningkat tajam.

“Kita harapkan naik seperti tadi Pak Gubernur menyampaikan, dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta ton untuk Kabupaten Indramayu,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Waduk Pidekso Wonogiri, Bendungan Tahan Gempa Pertama di Soloraya

Presiden lantas mengungkap alasan dirinya kukuh membuat banyak bendungan di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Menurutnya, dengan banyaknya bendungan yang dibangun diharapkan produktivitas pertanian, khususnya padi, meningkat sehingga ketahanan pangan nasional terjaga.

“Itulah tujuan utama dari dibangunnya waduk, selain memang waduk juga ada yang dipakai untuk wisata, untuk pembangkit listrik, dan juga penyediaan air baku,” kata dia.

Baca Juga: Resmikan PLUT di Tuntang, Ini Harapan Wapres & Gubernur Ganjar

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berterima kasih kepada pemerintah atas pembangunan sejumlah bendungan di Provinsi Jawa Barat.

Sama dengan Presiden, Ridwan Kamil berharap beroperasinya Bendungan Sadawarna langsung memberikan dampak positif bagi produksi pertanian di wilayah yang dipimpinnya.

“Atas nama masyarakat Jawa Barat yang terdampak positif dari hadirnya Bendungan Sadawarna, kami mengucapkan terima kasih Bapak Presiden, Jawa Barat ini lumbung berasnya Indonesia,” kata Ridwan Kamil yang kini banyak disebut sebagai bakal calon wakil presiden potensial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya