SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi). (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)

Di DPR, muncul perdebatan soal usulan memanggil Presiden Jokowi seperti usulan Pansus Angket KPK.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan bahwa pemanggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pansus Angket terhadap KPK masih menjadi perdebatan banyak kalangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan bahwa pada satu sisi Pansus merupakan domain DPR, bukan pemerintah. Akan tetapi, ada juga yang berpendapat ada hal-hal yang harus disampaikan langsung kepada presiden.

“Jadi dua pendapat ini memang muncul di internal parlemen sehingga dalam rapat pimpinan DPR hal itu akan dibahas,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Selasa (19/9/2017).

Rapim bisa dimulai setelah pimpinan kuorum, sedangkan sebagian pimpinan sedang di luar kota. Dengan demikian, harapannya dua hal itu menjadi pertimbangan untuk merespons permohonan Pansus Hak Angket untuk berkonsultasi dengan Presiden.

Secara pribadi, Taufik menyarankan sebaiknya pemerintah tidak usah dilibatkan dalam keputusan di Pansus. Pemerintah cukup diinformasikan saja hasil keputusan Pansus di rapat paripurna nanti.

“Kalau ada keputusan, sampaikan saja di sdiang paripurna. Komunikasi dengan pemerintah, dengan partai koalisi itu konteksnya informal. Tapi kalau sudah dibawa secara formal nanti takutnya ada kesan seolah nanti ada campur tangan pemerintah ke parlemen,” ujar politikus PAN tersebut.

Dia khawatir jika pemerintah ditarik-tarik dalam keputusan Pansus maka masyarakat berpandangan ada campur pemerintah dalam keputusan di Pansus. Sebelumnya, Pansus Hak Angket KPK telah mengirimkan surat kepada pimpinan DPR untuk mengirimkan surat permohonan rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di rapat konsultasi itu akan dibahas mengenai temuan-temuan Pansus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya