Presiden Jokowi memimpin Upacara Hari Pahlawan 2019. (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Jokowi menjadi inspektur Upacara Ziarah Nasional Peringatan Hari Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, (10/11/2019). Upacara tersebut dihadiri sejumlah pejabat negara.

Dikabarkan Antara, seusai upacara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meletakkan karangan bunga di tugu TMPN Utama Kalibata. Dia juga menaburkan bunga di sejumlah makam pahlawan Indonesia. Upacara tersebut ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama, Fachrul Razi.

Upacara ziarah nasional di taman makam pahlawan merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan 2019. Sebelumnya telah dilakukan upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada sejumlah tokoh oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Hari Pahlawan perlu diperingati guna mengingatkan semangat bersatu padu mengusir penjajah dari Tanah Air kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2019 yang disusun oleh Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan 2019.

Peringatan Hari Pahlawan 2019 mengambil tema Aku Pahlawan Masa Kini. Tema tersebut diharapkan menggerakkan semangat kepahlawanan setiap rakyat Indonesia. Dengan harapan setiap orang tergerak hatinya berjuang membangun negeri sesuai kemampuan.

Dengan menjadi pahlawan masa kini, maka setiap insan kiranya dapat menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI. Caranya dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2019 disusun Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan 2019. Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan 2019 ditetapkan dengan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 101/HUK/2019 tentang Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan 2019 yang ditandatangani Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita pada 20 Agustus 2019 di Jakarta.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten