Kategori: Nasional

Presiden Jokowi Masuk Daftar Top 50 Muslim Berpengaruh di Dunia


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, SOLO – Presiden Jokowi masuk daftar 50 muslim paling berpengaruh di dunia. Daftar tersebut dihimpun oleh lembaga Islam di Yordania, Royal Islamic Strategic Studies.

Dikutip dari Okezone, Sabtu (5/10/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di posisi ke-13. Disusul KH Said Aqil Siradj yang berada di urutan ke-19. Kemudian Habib Lutfi bin Yahya di urutan ke-33. Serta Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, di urutan ke-42.

Dilansir Detik, ini merupakan kali kedua Presiden Jokowi masuk dalam daftar 500 muslim berpengaruh dunia di posisi top 50. Daftar itu dirilis oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC).

RISSC merupakan lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang berkedudukan di Amman, Yordania. RISCC menyatakan pemilihan orang dalam publikasi daftar 500 tokoh muslim berpengaruh ini bukan berarti dalam rangka mendukung pandangan mereka. RISCC hanya mengukur sejauh mana pengaruh dari orang-orang tersebut.

Pengaruhnya disebut bisa datang dari seorang cendikiawan yang secara langsung berbicara mengenai masalah keumatan dan mempengaruhi keyakinan, gagasan dan perilaku. Bisa juga datang dari penguasa yang membentuk faktor-faktor sosial ekonomi atau dari para seniman yang membentuk budaya populer.

Publikasi ini memilih tokoh muslim dari berbagai kategori, yaitu keilmuwan, politik, administrasi urusan agama, penceramah dan pembimbing spritual, filantropi, isu-isu sosial, bisnis, sains dan teknologi, seni dan budaya, qari Alquran, selebriti dan bintan olahraga serta ekstrimis.

Tokoh muslim berpengaruh yang berada di urutan pertama adalah Syekh Muhammad Taqi Usmani. Disusul di posisi kedua oleh Ayatollah Haji Sayyid Ali Khamenei. Sementara itu, Raja Salman bin Abdul Aziz AlSaud berada di urutan keempat dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berada di posisi enam.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita