Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Buruh Jelang May Day, Ini Hasilnya
Presiden Jokowi makan siang bersama buruh pabrik sepatu di PT KMK Global Sport I, Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa (29/4/2019). (Bisnis-Yodie Hardiyan)

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap buruh memperingati hari buruh atau May Day pada Rabu (1/5/2019) dengan kegembiraan.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi seusai makan siang bersama para buruh pabrik sepatu di PT KMK Global Sport I, Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa (29/4/2019).

"Yang penting besok pada May Day, pada hari buruh, kita berharap perayaan hari buruh berjalan baik, dengan kegembiraan dan kondusif," kata Jokowi didampingi Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Jokowi berpesan agar para buruh dapat meningkatkan produktivitas melalui reskilling dan upskilling. Apabila produktivitas tinggi, ujar Jokowi, perusahaan akan mampu menggaji tinggi para karyawan. "Kalau [produk] dihasilkan naik, gajinya dinaikkan enggak ada masalah," kata Jokowi.

Dalam kesempatan makan siang bersama buruh pabrik sepatu itu, Jokowi sempat berdialog. Jokowi sempat bertanya mengenai masa kerja para buruh. Menurutnya, para buruh bahkan ada yang telah bekerja selama 15-23 tahun di pabrik tersebut.

"Menurut saya, atmosfer di PT KMK, saya kira memberikan atmosfer yang baik kepada karyawan. Ada kliniknya yang menurut saya sangat bagus," kata Jokowi yang juga sempat bertanya mengenai gaji para buruh pabrik sepatu itu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho