SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara iriana Joko Widodo mengucapkan selamat Idulfitri yang jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 dari Istana Kepresidenan, Selasa (12/5/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Solopos.com, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali akan menyalurkan kurban dua ekor sapi di Kota Solo pada momentum Hari Raya Idulddha 1442 H/2021 M.

Seperti saat Iduladha tahun 2020, dua ekor sapi dari Jokowi akan dipasrahkan panitia penyembelihan kurban Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo. Penjelasan itu disampaikan Kabag Kesra Setda Solo, Danang Sulindriyanto, saat diwawancara Solopos.com melalui pesan WhatsApp (WA), Senin (19/7/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Menurut Informasi dari Setneg, ada dua [sapi], satu ekor sapi untuk Masjid Agung Solo dan satu ekor sapi lagi untuk Masjid Al Wustho Mangkunegaran. Untuk pengiriman [hewan kurban] akan langsung ke lokasi tersebut pada Selasa [20/7/2021] sore. Demikian informasi dari Setneg yang dapat kami sampaikan,” terang dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Bantul Dapat Satu Sapi Kurban Dari Presiden Jokowi

Danang lantas menunjukkan foto atau gambar dua sapi kurban Presiden Jokowi kepada . Di gambar itu terdapat tulisan jenis sapi dan bobotnya. Satu gambar terlihat sapi berwarna putih dengan tulisan jenis sapi PO (peranakan ongole) dengan bobot 837 kilogram, serta satu gambar lagi sapi jenis limosin berbobot 837 kilogram.

sapi kurban presiden jokowi
Sapi jenis peranakan ongole ini jadi kurban Presiden Jokowi . (istimewa)

Menurut Danang sapi jenis limosin yang akan diserahkan ke Masjid Al Wustho Mangkunegaran, dan sapi PO yang untuk Masjid Agung Solo. “Informasi dari Setneg demikian. Sapi PO untuk Masjid Agung Solo dan sapi Limosin untuk Masjid Al Wustho. Penyerahan sapi hari Selasa sore akan dilakukan langsung ke dua masjid itu,” tambah dia.

sapi kurban jokowi
Sapi jenis limosin ini jadi kurban Presiden Jokowi. (istimewa)

Lebih Berat Tahun Lalu

Sedangkan untuk berita acara penyerahan sapi menurut Danang akan dilakukan dari Setneg ke Pemkot Solo. Selanjutnya Pemkot Solo akan melanjutkan dengan pembuatan berita acara penyerahan sapi bantuan Presiden kepada panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo.

Danang mengonfirmasi Jokowi juga memberikan dua ekor sapi saat Iduladha tahun lalu. Dia juga mengakui bobot sapi kurban Presiden tahun lalu lebih berat dibandingkan sapi kurban pada tahun ini.

Bcaa Juga: Si Bali, Sapi Milik Guru di Sleman yang Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi, Segini Harganya

Berdasarkan data , Jokowi menyerahkan dua ekor sapi berjenis limosin ke Masjid Agung dan Masjid Al Wustho tahun 2020. Bobot masing-masing sapi kurban Jokowi kala itu 1,03 ton dan 930 kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya