Jokowi di Sampul Majalah Time (time.com)

Solopos.com, SOLO – Majalah TIME untuk kali kedua memasukkan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam daftar nominasi Person of the Year. Sebelumnya, pada tahun 2012 Jokowi masuk kandidat tokoh dunia ini setelah terpilih jadi Gubernur DKI Jakarta.

Majalah TIME, Jumat (21/11/2014), menulis profil Jokowi sebagai pemimpin Indonesia pertama yang bukan berasal dari kalangan elite partai dan bukan keturunan tokoh nasional. Jokowi kembali dimuat dalam daftar Person of the Year versi majalah internasional itu.

Daftar itu memuat nama-nama pilihan pembaca dari seluruh dunia, untuk disaring kembali. Jokowi adalah orang Indonesia pertama masuk daftar ini, sekaligus yang pertama pula dua kali dinominasikan.

Jokowi bersaing dengan tokoh dunia lain, seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

Selain itu, ada mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat sekaligus istri mantan Presiden Bill Clinton, Hillary Clinton, yang akan maju pada Pilpres AS 2016. Ada pula nominator dari kalangan artis, seperti penyayi Taylor Swift dan sosialita Kim Kardashian.

Sejauh ini, PM India Narendra Modi merajai polling sementara. Disusul Putin dan John Kerry di peringkat kedua dan ketiga.

Polling dari pembaca TIME akan ditutup pada 6 Desember 2014 mendatang. Tokoh 2014 terpilih bakal diumumkan oleh petinggi redaksi Nancy Gibbs dalam tayangan NBC’s Today Show pada 8 Desember.

Sebelumnya Majalah TIME edisi 27 Oktober 2014 juga menjadikan wajah close up Jokowi sebagai cover dengan tulisan, A New Hope. Dalam wawancara dengan majalah terkemuka itu, Jokowi mengaku menyadari bahwa ada banyak harapan rakyat di pundaknya.

Bahaya jika ia tak mewujudkan keinginan rakyat dan memenuhi janjinya. "Bahaya bagi saya, jika saya tak bisa merealisasikan apa yang diinginkan rakyat, apa yang saya janjikan, itu akan jadi masalah besar," kata Jokowi pada TIME dalam artikel berjudul The New Face of Indonesian Democracy.

Jokowi juga mengatakan akan melakukan pemberantasan korupsi, pengurangan subsidi BBM, dan menegakkan hukum di sektor pajak. "Dengan menunjukkan bahwa kami berubah, bahwa kami bisa mengikuti aturan, kita akan menciptakan sebuah tempat di mana investor ingin datang," kata Jokowi pada TIME.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten