SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo saat menghadiri Kongres Pancasila IX dii Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM) di Jalan Persatuan, Sleman, Sabtu (22/7/2017). (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

Presiden Jokowi mendorong generasi muda Indonesia membuat startup khas bercita rasa lokal.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong generasi muda yang terjun dalam bisnis digital agar membuat sebuah jasa atau produk yang mempunyai ciri khas lokal Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Misalnya, saya dengar ada e-commerce startup yang jualan rujak online dan laku sekali. Sampai ordernya dari seluruh dunia masuk semuanya,” kata Presiden Jokowi saat membuka acara Indonesia Digital Byte (IDByte) 2017, Kamis (28/9/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, lanjutnya, pihaknya bisa membantu untuk mengindonesiakan produk internasional seperti Amazon, Microsoft, dan Alibaba. Salah satu contohnya, Alibaba akhirnya berinvestasi dengan membeli saham di Lazada dan Tokopedia.

Menurutnya, untuk sementara waktu, kekuatan Indonesia ada di segmen lokal. Namun, Indonesia sebagai negara besar berbanding lurus dengan luas pasar yang dimiliki.

“Nanti dengan berlalunya waktu, dengan terus berkembangnya perusahaan-perusahaan e-commerce kita, pasti dari regional ujungnya pasti akan go-global,” ujarnya.

Pembukaan acara Indonesia Digital Byte (IDByte) 2017 itu juga dihadiri oleh Mensesneg Pratikno Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Duta Besar Swedia, dan praktisi digital di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya