SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz (kanan) sebelum mengikuti Working Session 3 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (16/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf/nym).

Solopos.com, BADUNG – Presiden RI Joko Widodo menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk menghentikan perang. Jokowi menegaskan, perang hanya membawa kesengsaraan bagi rakyat.

Seruan Jokowi itu disampaikan dalam sambutan pembukaan Sesi III KTT G20 Indonesia, di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Yang Mulia saya menyatakan pertemuan kita dibuka kembali. Mengawali sesi ketiga ini, izinkan saya mengulangi pesan yang saya sampaikan dalam pembukaan KTT kemarin. Stop the war. I repeat, stop the war,” seru Jokowi dalam forum yang dihadiri para pemimpin negara G20, Bali.

Presiden RI menegaskan banyak hal yang dipertaruhkan dan perang hanya akan menyengsarakan rakyat, serta pemulihan ekonomi dunia tidak akan terjadi jika situasi tidak membaik.

Baca Juga: Kejadian KTT G20: Ibu Negara Iriana Terpeleset, Joe Biden Tersandung

“Sebagai pemimpin, kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan situasi global kondusif bagi masa depan dunia,” ujar Jokowi seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Sebelumnya, dalam pembukaan KTT G20, Selasa (15/11/2022), Presiden RI menekankan semua pihak memiliki tanggung jawab untuk menghentikan perang.

Jika perang tidak diakhiri, menurut Jokowi, akan sulit bagi dunia untuk bergerak maju, serta masa depan generasi saat ini dan generasi mendatang.

Baca Juga: Tak Akui Rusia, Presiden Ukraina Sebut KTT G20 dengan G19

“Kita jangan membagi dunia menjadi bagian. Kita jangan membiarkan dunia kembali jatuh dalam perang dingin lainnya,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo juga meminta semua pihak menahan terkait dengan ketegangan yang meningkat setelah jatuhnya sebuah rudal di Polandia, Rabu.

“Pertama saya menyesali kejadian di Polandia. Saya mengimbau semua pihak untuk tetap tenang dan menahan diri dari ketegangan yang meningkat,” kata Jokowi.

Baca Juga: Mobil Listrik UGM Ramaikan Ajang KTT G20 Bali

Presiden menyampaikan dirinya selalu menyatakan perang hanya akan membawa kehancuran. Oleh karena itu, semua pihak harus menghentikan perang.

“Kita harus menghentikan perang ini dan Presiden Biden (Presiden AS Joe Biden) sendiri sudah mengatakan bahwa rudal tidak mungkin datang dari Rusia,” kata Jokowi.

Rudal ditengarai jatuh di Polandia dan menewaskan sejumlah orang di sana. Kabar awal yang beredar menyebutkan rudal itu merupakan rudal buatan Rusia.

Baca Juga: KTT G20 Bali Resmi Ditutup, Jokowi Tersenyum Lega

Namun pemberitaan terbaru menyatakan bahwa itu merupakan rudal Ukraina yang jatuh saat menghalau rudal Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya