Presiden Jokowi Ditanya Kinerja Wali Kota Solo Gibran, Ini Jawabannya

Begini respons Presiden Joko Widodo saat ditanya kinerja Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di sela-sela mengunjungi Taman Balekambang Solo pada Kamis (26/5/2022).

 Presiden Joko Widodo, (kanan mengenakan baju putih), didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, (kiri mengenakan baju hitam), saat berkunjung ke Taman Balekambang Solo pada Kamis (26/5/2022). (Espos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo, (kanan mengenakan baju putih), didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, (kiri mengenakan baju hitam), saat berkunjung ke Taman Balekambang Solo pada Kamis (26/5/2022). (Espos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi mengawali kunjungan kerja selama berada di Kota Solo, Jawa Tengah dengan menemui seniman di Taman Balekambang Solo pada Kamis (26/5/2022).

Saat itu, Presiden Jokowi didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Presiden Jokowi mengenakan kemeja khas warna putih sedangkan Wali Kota Solo Gibran mengenakan kemeja warna hitam.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Saat momen wawancara dengan para wartawan di sela-sela kunjungannya di Taman Balekambang Solo, Solopos.com menanyakan tentang kinerja Gibran selama menjabat Wali Kota Solo.

Presiden Jokowi menjawab pertanyaan tersebut sembari tertawa. Dia mempersilakan wartawan menanyakan langsung kepada Wali Kota Solo. “Waduh, saya enggak ngikuti. Tugas dan pekerjaan saya sendiri banyak sekali. Tanya langsung ke wali kota,” jawabnya.

Termasuk, saat wartawan bertanya perihal rencana Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memasukkan Taman Balekambang Solo sebagai salah satu program 10 prioritas untuk revitalisasi.

Baca Juga : Ini Rencana Kunjungan Presiden Jokowi di Solo Setelah Jadi Wali Nikah

Namun, Presiden Jokowi menyampaikan pemerintah pusat akan mendukung program pemerintah daerah yang berkaitan dengan pengembangan seni budaya.

“Tanya ke Pak Wali langsung. Saya enggak begitu ngikuti. Karena yang saya ikuti itu 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi. Semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, pemerintah pusat akan terus mendorong dimanapun,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyaksikan pertunjukan Reog di Taman Balekambang Solo. Taman Balekambang Solo menjadi lokasi pertama yang dikunjungi Presiden Jokowi setelah menghadiri acara pernikahan adiknya, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman di Graha Saba Buana Solo.

“Saya rasa itu pagi ini saya ketemu dengan seniman seni tradisi. Berkunjung ke Taman Balekambang Solo dalam rangka melihat geliat aktivitas para seniman. Utamanya seniman rakyat, baik itu wayang orang, ketoprak, reog, dan seni tradisi lainnya,” kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di sela-sela kunjungannya.

Baca Juga : Jokowi Temui Seniman di Taman Balekambang Solo, Ini yang Disampaikan

Presiden menyampaikan harapan agar kegiatan seni tradisi dapat kembali menggeliat pascapemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk beraktivitas di tempat umum.

“Yang kita tahu sudah dua tahun ini vakum, tidak ada kegiatan. Saya harapkan setelah pandemi bisa dikendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Paling penting ini seni tradisi, kesenian rakyat, wayang orang, reog, ketoprak. Semua harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

PPDB SMA Solo: Laweyan Tak Ada Kelas Virtual, Ini Alasan Disdik Jateng

Disdik Jateng mengaku belum ada kelas virtual untuk para calon siswa di Kecamatan Laweyan, Solo, yang tidak memiliki SMA negeri, apa alasannya?

Cadas! Nyanyi Di Sukoharjo, Eks Vokalis Boomerang Panjat Tiang 15 Meter

Penyanyi rock kawakan eks vokalis Boomerang, Roy Jeconiah, melakukan aksi tak biasa saat manggung di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Disdik Jateng: Tak Ada Zonasi Khusus PPDB Pasar Kliwon-Laweyan Solo

Disdik Jateng memastikan tidak ada zonasi khusus untuk wilayah kecamatan yang tidak memiliki SMA negeri seperti Pasar Kliwon dan Laweyan, Kota Solo, pada PPDB tahun ini.

Geramnya Gibran Soal Pelecehan Seksual JKT 48: The Park Itu Bukan Solo!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan klarifikasi ihwal penyebutan Solo sebagai lokasi insiden pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser.

Alasan Rudy Solo Sebut Ganjar Pranowo Presiden ke-8 RI

Inilah alasan di balik pernyataan Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang menyebut Ganjar Pranowo menjadi presiden kedelapan RI.

Soal Pilpres 2024, Rudy Solo: Golek Presiden Angel, Nganggo Mitos Wae

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mendoakan Ketua Umum DPP PDIP agar mempercayai mitos dalam menentukan capres di pilpres 2024.

Rumus Otak-Atik Gatuk Rudy Solo Sebut Ganjar Pranowo Presiden ke-8

Inilah rumus otak-atik gatuk ala Rudy yang dengan lantang menyebut Ganjar Pranowo sebagai presiden kedelapan RI.

Bermalam di Jl. Mayor Kusmanto Demi Jaga Lapak Jualan di CFD Klaten

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, menjelaskan PKL hanya diperbolehkan menempati kawasan paving di kedua sisi Jl. Mayor Kusmanto.

Lantang! Rudy Solo: Ganjar Pranowo Presiden ke-8 RI

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memprediksi Ganjar Pranowo menjadi presiden kedelapan RI.

Warga Sragen Meninggal Tak Wajar: Mayat Sujud Tapi Kepala Masuk Ember

Warga Sragen diduga meninggal secara tak wajar karena posisi mayatnya seperti sujud, namun kepalanya berada di dalam ember di kamar mandi.

Makam Jenazah Warga Sragen Dibongkar, Meninggal Tak Wajar?

Jenazah warga Sragen yang diduga meninggal tak wajar diautopsi setelah kuburannya dibongkar.

Sang Legenda! Naik Damar Sasongko Solo-Sukoharjo Serasa Bus Perang

Bus perintis Solo-Jatipuro, Damar Sasongko, merupakan sang legenda di Sukoharjo yang memacu adrenalin penumpang karena serasa menumpang bus perang.

60 Mobil Ikuti Bhayangkara Autoshow di Wonogiri, Ini Keseruannya

Polres Wonogiri menggelar Bhayangkara autoshow yang diikuti 60 peserta mobil modifikasi dari sejumlah daerah di Tanah Air

Baru 6 Hari Dimakamkan, Tim Dokter Polda Jateng Autopsi Warga Sragen

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama melalui Kanit Pidana Umum Polres Sragen Ipda Setya Pramana mengatakan autopsi ini atas permintaan keluarga karena adanya kecurigaan dan kejanggalan saat meninggal dunia.

Desain Bangunan Pasar Jongke Tak Berubah, Kios Akan Tampak dari Luar

Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Solo, Joko Sartono menjelaskan kios Pasar Kabangan dan Jongke nanti kelihatan dari jalan.