SOLOPOS.COM - Jokowi dan JK melambaikan tangan ke arah massa di Bundaran HI Jakarta saat kirab menuju Istana Merdeka, Senin (20/10/2014). (Courtesy Metro TV)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden-Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) melakukan perjalanan panjang melalui kirab dari Bundaran HI menuju Istana Merdeka, Senin (20/10/2014) siang. Sedangkan di Istana, Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan staf kepresidenan sudah menunggu.

Bersama Wapres Jusuf Kalla (JK), Jokowi naik sebuah andong yang harus berjalan pelan membelah lautan manusia. Cuaca di Jakarta saat ini sangat panas dengan suhu udara mencapai 35 derajat C. Meski sangat panas, ribuan massa tetap menunggu di jalur kirab untuk bisa melihat dan menyapa sang presiden. Di Jl. MH Tamrin, jakarta Pusat, seluruh ruas jalan tertutup oleh lautan manusia yang terbelah menjadi dua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karena saking panasnya, Jokowi yang semula mengenakan kemeja putih dan jas hitam, harus melepas jasnya. Setelah itu, Jokowi kembali ke style aslinya, yaitu kemeja putih yang dilipat lengannya. Seperti Jokowi, Jusuf Kalla juga hanya mengenakan kemeja panjang. Ribuan massa tampak berupaya bersalaman, namun J0kowi hanya sempat menyalami sebagian kecil orang dan selebihnya hanya melambaikan tangan.

Ekspedisi Mudik 2024

Semula, Jokowi dan JK direncanakan naik kereta kencana. Namun rencana itu diubah sehingga mereka hanya menaiki sebuah andong yang tentu saja dijaga ketat oleh Paspampres. Di belakang andong Jokowi-JK, berjalan andong lain yang ditumpangi oleh Mufidah Kalla dan Iriana Jokowi. Kabarnya, kuda dan kusir andong ini didatangkan dari Solo dan sudah biasa mengangkut Jokowi saat mengikuti kirab di Solo.

Di belakang rombongan, sekelompok massa membawa bendera merah putih raksasa yang dibentangkan mengikuti perjalanan Jokowi-JK. Bendera raksasa itu juga menarik perhatian dalam kirab tersebut.

Sementara itu di Istana Kepresidenan, SBY dan Ani Yudhoyono sudah siap menyambut. Sejumlah staf kepresidenan tampak mondar-mandir sambil menantikan upaca lepas sambut Jokowi-JK sebagai penghuni baru Istana Kepresidenan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya