Presiden Joko Widodo Harus Merespons Regresi Demokrasi di Indonesia

Mahalnya biaya politik dan meningkatnya ambang batas parlemen membuat hampir tak mungkin untuk mendirikan partai politik baru, kecuali didanai pengusaha besar dan oligarki yang kuat.

 Ilustrasi kemunduran demokrasi (theconversation.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemunduran demokrasi (theconversation.com)

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah akademisi, aktivis, dan perwakilan elemen masyarakat Indonesia sepakat dengan tesis kualitas demokrasi Indonesia mengalami kemunduran. Mereka mendesak Presiden Joko Widodo segera merespons situasi kemunduran demokrasi itu.

Indikasi kemunduran atau regresi demokrasi di Indonesia itu antara lain berupa ancaman pada kebebasan berekspresi, pelemahan institusi-institusi demokrasi dan pemerintahan, politisasi hukum dan lembaga penegak hukum, serta polarisasi di kalangan masyarakat.

Terpopuler Hari Ini

Bus Sugeng Rahayu Seruduk Gran Max Hingga Terguling di Sragen

Daihatsu Gran Max mendadak belok ke kanan sementara pengemudi bus Sugeng Rahayu di belakangnya tak bisa mengendalikan kendaraan sehingga menyeruduk minivan tersebut hingga terguling.

Waspada! Merapi 3 Kali Keluarkan Wedus Gembel

BPPTKG mencatat Gunung Merapi sejak Senin (6/12/2021) sore, telah mengeluarkan awan panas atau wedus gembel sebanyak tiga kali.

PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru Batal Diterapkan, Ini Gantinya

Pemerintah memutuskan tidak akan menerapkan PPKM level 3 di semua wilayah Indonesia saat momen libur natal dan tahun baru (Nataru).

Viral karena Ngepruk Harga? Ini Penjelasan Bakul Tengkleng di Solo Baru

Bakul tengkleng yang viral di Solo Baru, Sukoharjo, menjelaskan harga tengklengnya mahal hingga dianggap ngepruk karena pembeli mintanya menu komplet.

Pasar Sleko Madiun Hadir Punya Wajah Baru, Bikin Betah

Sebelum menata Pasar Sleko, Wali Kota Madiun mengajak para pedagang terbang ke Bali untuk belajar mengelola pasar dengan bersih.

Inilah Sosok Jayabaya yang Ramalannya Dipercaya Sepanjang Masa

Prabu Jayabaya adalah seorang raja dari Kediri yang terkenal ahli meramal dan sampai saat ini ramalan tentang masa depan darinya dipercaya sebagai mitos.

Bakul Tengkleng Solo Baru Viral Gegara Ngepruk Harga, Apa Kata Pemkab?

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo menanggapi kasus bakul tengkleng di Solo Baru yang viral gegara dianggap ngepruk pembeli dengan harga yang tidak masuk akal.

Daripada Jajan Mahal, Yuk Bikin Tengkleng Khas Solo dengan Resep Ini

Daripada jajan mahal-mahal, kamu bisa masak sendiri hlo tengkleng khas Solo di rumah dengan resep yang mudah ini.

Begini Cerita Munculnya Hotel-Hotel di Kawasan Kestalan Solo

Hotel-hotel di kawasan Kestalan, Banjarsari, Solo, memiliki sejarah panjang yang berkaitan dengan keberadaan Stasiun Solo Balapan.

Sejarah 2 Desa di Sragen yang Landasi Proyek Jembatan Terpanjang Jateng

Pemerintah Kabupaten Sragen akan mewujudkan pembangunan jembatan terpanjang se-Jawa Tengah untuk menghubungkan dua desa, yakni Desa Gilirejo dan Desa Gilirejo Baru, Kecamatan Miri, Sragen.

Paguyuban PKL Solo Baru Gerak Cepat Edukasi Bakul Tengkleng Viral

Paguyuban PKL Solo Baru, Sukoharjo, bergerak cepat memberikan edukasi kepada bakul tengkleng yang viral lantaran dianggap ngepruk harga.

Jembatan di Sragen Ternyata Bukan yang Terpanjang se-Jateng, tapi Ini

Jembatan di Kabupaten Semarang ini 279 meter lebih panjang dibandingkan jembatan yang akan dibangun di Kecamatan Miri, Sragen yang panjangnya 600 meter.

Ramalan Jayabaya: 2022 Jawa Kiamat

Ramalan Jayabaya menyebutkan tanah Jawa menghadapi kiamat kubra pada 2022.

Sirnoboyo Inovasi Award Wonogiri Munculkan Belasan Hasil Inovasi

Ajang SIA 2021 diikuti 13 peserta perorangan dan kelompok pelaku usaha di bidang pertanian, peternakan, makanan olahan, dan kesenian-kerajinan.

Ayah Bripda Randy Minta Maaf Atas Kelakuan Anaknya

Nuriono memohon maaf karena kelakuan anaknya juga sempat meresahkan publik, serta menuai kecaman dari berbagai pihak.

Ditemukan di Hutan Merbabu, Mykola Hanya Pakai Celana Tiga Perempat

Saat ditemukan sukarelawan di hutan Gunung Merbabu pada Sabtu (5/12/2021) pukul 22.18 WIB, Mykola hanya memakai celana tiga perempat dan jas hujan tanpa lengan.