SOLOPOS.COM - Kim Jong Un dengan gaya baru (Huffingtonpost.com)

Solopos.com, PYONGYANG – Presiden Korea Utara, Kim Jong Un muncul dengan gaya berbusana yang tak seperti biasanya. Dia memakai kacamata warna coklat berbentuk kotak, jubah hitam dan rambutnya yang khas.

Dailymail, Sabtu (5/4/2014), menulis perubahan gaya Kim Jong Un ini membuat masyarakat Korut khawatir. Pasalnya beberapa waktu lalu, warga telah diwajibkan mengikuti gaya rambutnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jong Un saat itu menghadiri perhelatan di Monumen Samji di Gunung Baekdu. Dia berbicara di podium lengkap dengan jubah hitam, rambut kelimis, dan kacamata dengan lapisan warna coklat berbentuk segi empat.

Pengamat mengatakan kacamata itu hanya memperkuat penampilan Jong Un saja dan tidak untuk diikuti masyarakat Ibu Kota Pyongyang. Sementara media Korea Selatan menilai Jong Un tengah membentuk kekuasaan lewat bentuk lain lantaran dia sering dianggap mengikuti gaya kepemimpinan bapaknya, Kim Jong Ill.

Diberikan media Korut, Yeo Jong, Adik perempuan Jong Un telah ditunjuk sebagai penata gaya Jong Un setelah hukuman mati bagi pamannya, Jang Song Thaek.

Sebelumnya muncul peraturan tak lazim dari Presiden Korut ini. Kaum pria di negara itu kini diwajibkan memotong rambut dengan model yang sama dengan Kim Jong Un sebagai bentuk kesetiaan kepada pemimpin mereka.

Peraturan pemerintah tersebut diumumkan di kota Pyongyang sekitar dua pekan lalu meski tidak semua orang mau melakukannya karena berbagai alasan. Salah satu alasan penolakan itu adalah karena bentuk wajah mereka tidak sama dengan putra mantan diktator Kim Jong Il tersebut.

Sejauh ini, warga negara Korea Utara boleh memilih dari 18 potongan rambut yang tersedia untuk wanita dan 10 gaya untuk pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya