Presiden Finlandia anugerahi Dubes RI bintang jasa
dok. KBRI Helsinki

dok. KBRI Helsinki

Helsinki (Solopos.com)--Presiden Finlandia Tarja Kaarina Halonen menganugerahi Duta Besar RI Harry Purwanto bintang jasa Suomen Leijonan ritarikunnan Suurmestari (Commander Grand Cross of the Order of the Lion of Finland).

Upacara penganugerahan Dubes RI untuk Republik Finlandia merangkap Republik Estonia itu berlangsung di Istana Kepresidenan Finlandia, Kamis (26/5/2011) waktu setempat.

Dubes dinilai berhasil dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Finlandia yang saling menguntungkan di segala bidang dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh rakyat kedua negara.

"Penganugerahan bintang jasa ini juga merupakan sebuah bentuk pengakuan resmi pemerintah Finlandia atas jasa, pengabdian, dedikasi dan kontribusi Dubes dalam mengisi dan mempererat hubungan persahabatan kedua negara," demikian Sekretaris III Andy Aron.

Pemerintah Finlandia juga mencatat upaya Dubes untuk lebih mengenal rakyat Finlandia dari berbagai lapisan dan kalangan, alam, dan budayanya.

Selain itu terdapat sejumlah capaian yang telah diraih oleh Dubes selama masa jabatannya, seperti keberhasilan penyelenggaraan kunjungan resmi Perdana Menteri Finlandia Matti Vanhanen ke Indonesia (26-28 April 2010), peningkatan saling kunjung tingkat pejabat pemerintah, parlemen, dan non-pemerintahan.

Juga penguatan saling dukung pencalonan Finlandia dan Indonesia pada sejumlah keanggotaan di lembaga internasional, terjalinnya hubungan kerjasama erat di bidang kehutanan dan lingkungan hidup, peningkatan angka kunjungan wisatawan Finlandia ke Indonesia, serta penguatan hubungan persahabatan dan interaksi antar-masyarakat di kedua negara.

Bintang jasa Order of the Lion of Finland merupakan satu dari tiga jenis bintang penghargaan Finlandia. Dua lainnya adalah Order of the Cross of Liberty untuk para tentara dan relawan Finlandia dan Order of the White Rose of Finland untuk mereka yang berprestasi bagi Pemerintah Finlandia di bidang kerjasama publik baik sipil maupun militer.

Bintang jasa Commander Grand Cross of the Order of the Lion of Finland merupakan medali tingkat tertinggi dalam tata urutan medali tanda jasa jenis Order of the Lion of Finland.

Sebelumnya tiga Dubes RI untuk Finlandia yang pernah menerima anugerah serupa adalah Dubes Moekijat (Dubes RI Pertama untuk Finlandia, 1976-1980), Dubes Ahmad Fauzie Gani (2000-2003), dan Dubes Iris Indira Murti (2004-2007).

(detik.com/tiw)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom