SOLOPOS.COM - Presiden FIFA, Sepp Blatter. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, ZURICH – Presiden FIFA, Sepp Blatter, ingin menambah jatah tim-tim dari negara-negara di Afrika dan Asia dalam Piala Dunia. Ia menilai seharusnya jatah bagi negara di Asia dan Afrika pada gelaran Piala Dunia, sama dengan yang diberikan untuk wilayah Eropa dan Amerika Selatan.

Blatter, dalam tulisannya untuk majalah baru FIFA yang terbit mingguan, mengatakan salah bahwa tim-tim negara Eropa dan Amerika Selatan mendominasi di Piala Dunia. Padahal, negara-negara di wilayah Eropa maupun Amerika Selatan,

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

jumlahnya lebih sedikit yang menjadi anggota FIFA, dibandingkan dari Afrika dan Asia.

“Dari perspektif olahraga secara murni, saya ingin melihat globalisasi akhirnya ditangani secara serius dan asosiasi dari Afrika serta Asia diberi status yang lebih layak di Piala Dunia FIFA,” tulis Blatter dalam majalah yang diterbitakan Jumat (25/10/2013), seperti dilansir Reuters, Sabtu (26/10/2013).

“Ini tidak bisa bahwa konfederasi dari Eropa dan Amerika Selatan mengklaim mayoritas di Piala Dunia [dengan 18 atau 19 tim] karena jika digabungkan jumlah anggota mereka [63 negara] lebih sedikit dibanding [jumlah gabungan] Afrika dan Asia [yang mencapai 100 negara].”

“Afrika, konfederasinya menempati jumlah keanggotaan terbanyak [54], sayangnya kurang terwakili di Piala Dunia, hanya memperoleh lima tempat.”

Untuk Piala Dunia 2014 di Brazil, 53 negara Eropa anggota FIFA telah bersaing untuk mendapatkan 13 tiket ke putaran final. Sementara, 54 negara Afrika hanya mendapatkan jatah lima tiket dan Asia hanya mendapatkan jatah mengirimkan empat wakilnya.

“Kondisi yang cacat ini harus diperbaiki,” imbuh Blatter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya