Presiden dijadwalkan hadiri Waisak di Borobudur

MAGELANG: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan menghadiri perayaan Tri suci Waisak 2009 yang dilakukan umat Buddha di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Presiden SBY akan datang, berbagai persiapan sedang dilakukan di Borobudur," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Jawa Tengah, David Hermanjaya, di Magelang, Kamis (7/5).

Rencananya, katanya, Menteri Agama Maftuh Basyuni juga akan mendampingi Presiden SBY saat puncak perayaan Waisak yang jatuh pada Sabtu (9/5) mendatang.

Resepsi perayaan Waisak Nasional 2009 akan berlangsung di Taman Lumbini, sebelah timur kaki Candi Borobudur.

Umat Buddha dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, katanya, mengikuti perayaan Waisak di Candi Borobudur.

Ratusan biksu dari dalam negeri dan sejumlah negara lain seperti Thailand, Taiwan, Malaysia, dan Singapura, juga hadir di Candi Borobudur untuk bersama-sama dengan umat Buddha merayakan Waisak.

Tri suci Waisak sebagai perayaan atas tiga peristiwa penting dalam ajaran Buddha yakni kelahiran Sidarta Gautama, Sang Buddha mendapatkan pencerahan, dan wafat Sang Buddha.

Ia mengatakan, momentum Waisak 2009 terutama digunakan umat untuk berdoa agar pelaksanaan pemilu presiden mendatang berlangsung aman, lancar, dan damai.

"Kita berdoa agar pilpres berlangsung lancar dan rakyat sejahtera," katanya.

Ketua Vidyaka Sabha Walubi, Biksu Dhyanavira Mahastavira, mengatakan, umat Buddha mengharapkan kondisi negara selalu aman dan damai sehingga masyarakat bisa menjalani kehidupan secara baik.

"Terutama menghadapi pilpres, supaya rakyat bisa mengikuti dengan baik," katanya.

Ia mengingatkan umat Buddha Indonesia untuk menggunakan hak politiknya sebaik mungkin dalam pilpres mendatang. "Jangan golput," katanya. (Antara)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom