Presiden China, Xi Jinping. (Reuters)

Solopos.com, BEIJING – Presiden China, Xi Jinping, menyebut negaranya menghadapi ancaman serius akibat merebaknya wabah virus corona. Sampai saat ini, virus corona yang muncul di Wuhan, China, telah menelan 41 korban jiwa.

Virus corona itu juga telah menginfeksi lebih dari 1.200 orang. Bahkan, sejumlah negara di dunia telah mengumumkan adanya suspect positif terjangkit virus corona.

Presiden China, Xi Jinping, memperingatkan warganya untuk selalu waspada. Sebab, virus corona menyebar dengan sangat cepat.

Dikutip dari Reuters, Minggu (26/1/2020), pemerintah China menginstruksikan pembangunan rumah sakit darurat untuk menangani pasien terjangkit virus corona. Rumah sakit itu harus selesai dikerjakan dalam waktu kurang dari 10 hari.

Meski menghadapi situasi sulit, Xi Jinping menegaskan warga China akan menang melawan virus corona. “Selama kita memiliki keyakinan teguh, bekerja bersama, pencegahan dan penyembuhan ilmiah, serta kebijakan yang tepat, kita pasti dapat memenangkan pertempuran melwan virus corona,” tegas Xi Jinping seperti dikutip dari Detik.com.

Dilansir Xinhua, Xi Jinping mengimbau warganya waspada terhadap penyebaran virus corona yang sangat cepat seperti SARS. Dia menilai situasi saat ini sudah gawat.

Seribuan tenaga medis di China dikirim ke Wuhan untuk menangani wabah virus corona yang menyebar begitu cepat. Bahkan, ada salah satu dokter yang meninggal akibat tertular virus corona.

Informasi yang dihimpun dari Channel News Asia, sejumlah negara juga menyatakan telah menemukan kasus penyebaran virus corona seperti Amerika Serikat, Prancis, Thailand, Singapura, Malaysia dan Australia.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, penyebaran virus corona memang sangat cepat. Namun, tingkat kematiannya rendah.

Pasien terjangkit virus corona harus diisolasi agar tidak menular kepada orang di sekitarnya. Gejala awal penularan virus ini berupa flu. Namun, jika sistem kekebalan tubuh pasien lemah, maka dapat menyebabkan infeksi pernapasan akut.

Sampai saat ini, belum ada obat atau vaksin khusus untuk menangani virus corona. Tetapi, pasien bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat selama diisolasi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten