SOLOPOS.COM - Dilma Rousseff (Istimewa/www.thestar.com.my)

Presiden Brasil Dilma Rousseff akhirnya dimakzulkan tepat di tengah penyelenggaraan Olimpiade 2016 di Rio de Jenairo.

Solopos.com, JAKARTA — Senat Brasil memutuskan bahwa Presiden Dilma Rousseff telah melakukan pelanggaran undang undang anggaran sehingga presiden perempuan itu akan menjalani proses pemakzulan yang tertunda sejak Januari lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di tengah perhatian dunia tertuju ke negara penyelenggara Olimpiade 2016 itu, para senator di Ibu Kota Brasilia memutuskan nasib Rousseff. Sebanyak 59 suara lawan 21 suara dalam voting akhirnya mendakwa pemimpin beraliran kiri tersebut. Persidangan yang berlangsung selama 20 jam itu dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Ricardo Lewandowski.

Dakwaan itu akan berujung pada pemakzulan Rousseff dari tampuk pimpinan negara itu sekaligsu mengakhiri pemerintahan pemimpin Partai Buruh itu selama 13 tahun. Dengan demikian, Presiden sementara, Michel Temer, akan menggantikannya hingga masa jabatannya habis pada 2018.

Pihak lawan Rousseff hanya membutuhkan sebuah suara mayoritas dalam Senat yang beranggotakan 81 orang tersebut untuk menggiringnya ke kursi pengadilan. Dia dituduh memanipulasi data keuangan negara selain mengeluarkan anggaran belanja tanpa persetujuan Kongres sebagimana dikutip Reuters, Rabu (10/8/2016).

Putusan pemakzulan akan dikeluarkan pada akhir bulan ini dan dibutuhkan suara dua pertiga suara Senat untuk menjatuhkan Rousseff atau lima suara lebih rendah dari suara yang dikuasai pihak oposisi hari ini. Pemungutan suara hari ini menunjukkan gerakan untuk menjatuhkan Rousseff telah mencapai puncaknya di Senat.

Pada Mei lalu Majelis Rendah negara itu memilih 55 lawan 22 untuk proses pemakzulan pada Desember. Dengan hilangnya dukungan dari Senator maka hilanglah sudah peluang Rousseff untuk meneruskan kepemimpinannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya