SOLOPOS.COM - Sri Mulyani (dok)

Sri Mulyani (dok)

JAKARTA– Nama Sri Mulyani Indrawati akhirnya terpental dari kandidat Presiden Bank Dunia untuk menggantikan Robert Zoellick. Sri Mulyani kalah pamor dari perempuan lainnya yang juga menteri keuangan Nigeria.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Sebelumnya Sri Mulyani yang juga mantan menteri keuangan RI 2005-2010 digadang-gadang akan menjadi wakil Asia untuk Bank Dunia karena kini pun dia memegang posisi managing director di institusi tersebut.

Siaran pers resmi Bank Dunia di laman situsnya telah mengumumkan 3 nominee yang akan dipilih untuk posisi Presiden Bank Dunia. Mereka yaitu Jim Yong Kim, seorang warga negara AS dan presiden dari Dartmouth College, Jose Antonio Ocampo, seorang warga negara Kolombia dan profesor di Columbia University, dan Ngozi Okonjo-Iweala, seorang warga negara Nigeria dan Menteri Keuangan Nigeria.

Jim Yong Kim merupakan pria kelahiran Korea Selatan yang pernah menjadi ahli fisika di Universitas Harvard dan mantan direktur di departmen penanganan HIV/AIDS di WHO. Pria kelahiran 1959 ini pindah bersama keluarganya ke Iowa, AS saat berusia 5 tahun.

Kim mendapatkan gelar doktor medis dari Harvard Medical School pada 1991 dan mendapatkan gelar antropologi dari Harvard pada 1993.

Sementara itu Ngozi Okonjo-Iweala didukung secara resmi oleh Uni Afrika dengan para sponsor seperti Nigeria, Afrika Selatan dan Angola.

“Saya menyadari Bank Dunia merupakan sebuah institusi yang sangat penting di dunia dan khususnya untuk negara-negara berkembang. Jadi saya akan ikut dalam kontes pencalonan ini sebagai salah satu kandidat. Apakah saya percaya diri? Jelas!” ujar Okonjo.

Bank Dunia mengatakan, pihaknya akan memilih presiden baru “dengan konsensus” pada Pertemuan Musim Semi 2012 dengan Dana Moneter Internasional yang dimulai pada 20 April.

Zoellick berencana untuk mundur pada akhir masa jabatannya pada Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya