SOLOPOS.COM - Striker Liverpool, Luis Suarez (kiri) masuk dalam daftar pemain yang dibawa Liverpool dalam tur pramusim ke Asia-Australia. DokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Solopos.com, AMMAN — Babak playoff antarkonfederasi melawan Yordania menjadi jalan terakhir Timnas Uruguay untuk meraih tiket ke Piala Dunia 2014 di Brazil.

Pertarungan playoff merupakan ganjaran Uruguay setelah penampilan buruk mereka di fase kualifikasi Zona Amerika Latin. La Celeste, julukan Uruguay, hanya mampu bertengger  di bawah Argentina, Chile, Kolombia dan Ekuador. Posisi itu memaksa Luis Suarez dkk. harus berkerja keras di playoff melawan tim dari konfederasi lain, untuk menentukan nasib lolos ke Brazil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berlaga di playoff antarkonfederasi, sebenarnya bukan pengalaman pertama bagi Uruguay. Tim juara dunia dua kali ini, pernah mengalami hal serupa tiga kali. La Celeste menang melawan Australia pada 2002 dan Kosta Rika pada 2010, namun disingkirkan Australia dengan adu penalti pada 2006.

Kali ini, Uruguay pun lagi-lagi gagal mendapatkan tiket otomatis dan harus bertemu Yordania untuk mengamankan langkah ke pesta sepak bola terakbar di dunia tahun depan. Pertarungan playoff antarkonfederasi akan dilangsungkan dua leg. Untuk leg pertama, Uruguay bakal berkunjung ke markas Yordania, Stadion Internasional Amman, Amman, Amman, Rabu (13/11) malam WIB. Sepekan berikutnya, gentian tim besutan Oscar Tabarez yang menjadi tuan rumah di leg kedua.

Ekspedisi Mudik 2024

Perhatian di Stadion Internasional Amman pun sepertinya akan mengarah pada duet bomber Le Celeste, Luis Suarez dan Edinson Cavani. Kemampuan dua mesin pencetak gol Uruguay itu tak perlu diragukan lagi bersama klub mereka masing-masing. Suarez menyumbang 11 gol di kualifikasi Amerika Latin. Bersama Liverpool, Suarez, mengoleksi delapan gol dalam enam laga di Liga Premier.

Posisi Uruguay dan Yordania di peringkat FIFA sangat jomplang. La Celeste menduduki peringkat keenam, sedangkan tim asal Timur Tengah tersebut berdiri di posisi ke-70 dunia. Menilik posisi itu, Uruguay, tak akan diberi label underdog meski mereka berstatus sebagai tamu di Amman nanti. Hanya, pelatih Uruguay, Tabarez, meminta anak didiknya tidak lengah.

“Yordania akan memberikan segalanya dengan statusnya sebagai tim tuan rumah, itu akan membuat kami kerepotan, dan saya menjadi pesimistis atau berhati-hati,” jelas Tabarez, dilansir au.fourfourtwo.com, Selasa (12/11).

Mereka tidak punya banyak pemain elite, namun mereka bisa membuat laga menjadi berat, sehingga itu [pemain elite] tidak penting lagi,” terangnya.

Selain Suarez dan Cavani, Tabarez membawa serta striker berpengalaman Diego Forlan ke Amman. Namun, merka tidak menyertakan kiper Fernando Muslera karena sang pemain mengalami cedera pada tulang jari kaki.

Sementara itu, Yordania, akan mencoba meneruskan performa mengejutkan mereka selama kualifikasi. Klub Asia ini, sempat dikalahkan Jepang 0-6 dan 0-4 dipecundangi Australia pada kualifikasi Zona Asia. Tapi mereka bangkit mempermalukan lawan-lawan mereka itu di pertemuan kedua.

Asa untuk lolos ke Brazil pun belum tertutup bagi tim polesan Hossan Hassam. Meski harus bertemu Uruguay di playoff, Ahmad Ibrahim dkk. masih pantas mengejar mimpi lolos ke Brazil tahun depan.

“Tak ada yang mustahil dalam sepak bola. Kami harus melakukan cara yang benar mengejar mimpi kami,” beber gelandang Yordania, Baha Suleiman kepad situs resmi FIFA, dilansir Reuters.

Sayangnya, tim tuan rumah terancam pincang. Yordania tidak bisa menurunkan kiper Amer Shafi karena suspensi. Pahlawan Yordania melawan Uzbekistan, kapten tim dan gelandang berpengalaman, Amer Deeb, secara mengejutkan absen dari skuat. Sementara badai cedera membayangi bek Mohammad Al-Dmeiri dan Anas Bani Yaseen.

 

Prakiraan Lineup Pemain

Yordania (4-3-3) Pelatih Hossam Hassan

Abdel Sattar

Oday Zahran, Bani Yaseen, Al Zawahreh, Mohammad Ali

Al Murjan, Baniateyah, Samir

Ibrahim , Mus’ab Al Laham , Rawasdeh

 

Uruguay (3-4-1-2) Pelatih Oscar Tabarez

Munoz

Coates, Lugano, Godin



Pereira, Perez, Gargano, Gonzalez

Ramirez

Suarez, Cavani

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya