SOLOPOS.COM - Irlandia Utara (Sportsmole.co.uk)

Prediksi Walse vs Irlandia Utara tersaji di babak 16 besar.

Solopos.com, PARIS — Britania Raya tidak hanya Inggris. Hal itu dibuktikan Wales, Irlandia Utara, dan Rep. Irlandia yang juga lolos ke babak 16 besar di Piala Eropa 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sayang, dari empat tim Britania Raya yang berada di babak 16 besar itu, Wales dan Irlandia Utara harus perang saudara untuk memperebutkan selembar tiket perempat final. Duel Britania Raya antara Wales dan Irlandia Utara tersebut bakal dihelat di Parc des Princes, Paris, Sabtu (25/6/2016) pukul 23.00 WIB.

Dua negara Britania Raya ini memang kalah mentereng apabila dibandingkan Inggris, dari jumlah populasi maupun prestasi. Wales hanya berpopulasi 3,1 juta penduduk. Sementara Irlandia Utara hanya memiliki 1,8 juta jiwa.

Keduanya sama-sama sebagai tim debutan di Piala Eropa 2016 ini. Meski sama-sama melahirkan dua legenda sepak bola, George Best (Irlandia Utara) dan Ryan Giggs (Wales), kedua negara ini miskin pengalaman di turnamen paling akbar di Benua Biru. Dua negara kecil di Britania Raya ini sebelumnya tak pernah lolos ke putaran final turnamen terbesar di Eropa. Jadi, tiket lolos ke babak 16 besar sudah menjadi mimpi yang terwujud.

Meski demikian, mimpi Wales dan Irlandia Utara tak ingin berhenti sampai di sini. Kedua tim akan memperebutan tiket perempatfinal yang sama. Wales lebih difavoritkan melenggang dari babak 16 besar, setelah mereka finis sebagai juara Grup B. Tak tanggung-tanggung, Gareth Bale dkk. bisa  finis di atas Inggris setelah menggasak Rusia pada pertandingan penutup grup dengan skor 3-0.

Berbeda dengan Wales yang lolos dengan cara berkelas, Irlandia Utara lolos ke babak 16 besar sebagai satu dari empat peringkat ketiga terbaik. Tim polesan Michael O’Neill tersebut hanya menempati urutan ketiga di Grup C dengan tiga poin, hasil kemenangan atas Ukraina.

“Kami datang untuk melewati perjalanan besar. Kami pernah sama-sama berada di posisi yang buruk. Kami berada di peringkat ke-112 dunia, dan sekarang kami bisa menembus 16 besar Euro. Ini hari-hari yang harus kami nikmati,” jelas Bale, seperti dilansir Worldsoccertalk.com, Jumat (24/6/2016).

Bale akan kembali menjadi tumpuan gol The Dragons, julukan Wales, di babak 16 besar. Pemain termahal di dunia tersebut tak pernah absen mencatatkan namanya di papan skor dalam tiga laga di fase grup, termasuk gol free-kick sensasionalnya ke gawang Inggris.

Untuk meredam Wales, Irlandia Utara harus menghentikan Bale. Namun tim berjuluk Norn Iron tersebut tidak akan cukup menugaskan seorang pemain untuk mengawal pergerakan pemain yang disebut-sebut akan ditawari kontrak seumur hidup oleh Real Madrid tersebut.

“Pada dasarnya, Gareth Bale pemain terbaik di sini. Seorang pemain sekaliber Bale sangatlah penting. Namun Anda tidak bisa menghentikan satu pemain dengan cara man on man. Secara keseluruhan tim harus menjadi bagus dan butuh usaha keras dari semua pemain,” jelas bek Irlandia Utara, Aaron Hughes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya