SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tottenham Hotspur versus Manchester City. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Solopos.com, LONDON—Kedatangan Manchester City ke Stadion White Hart Lane, Kamis (30/1) dini hari WIB, bakal menyibak kembali luka Tottenham Hotspur pada pertemuan pertama kedua tim di Liga Premier musim ini.

November tahun lalu menjadi salah satu bulan yang paling dibenci suporter Spurs. Saat itu pasukan berjuluk The Lilywhites tersebut hancur lebur dengan kekalahan 0-6 di markas City, Stadion Etihad. Kekalahan telak itu membuat tekanan buat manajer Spurs saat itu, Andre Villas-Boas, semakin hebat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekitar sebulan kemudian, Villas-Boas akhirnya benar-benar dipecat setelah timnya dikandaskan Liverpool. Tongkat estafet kepelatihan The Lilywhite pun berpindah ke Tim Sherwood.

Selang sekitar dua setengah bulan sejak tragedi di Etihad, Spurs bergantian bakal menjamu City di markas kebesaran mereka, White Hart Lane. Satu hal yang tentu menjadi pertanyaan besar, apakah Tottenham mampu membalaskan rasa sakit hati mereka?

Sejak dipermalukan City di Etihad, performa Spurs mengalami peningkatan cukup pesat. Emmanuel Adebayor dkk. mencatat tujuh kali menang, dua imbang dan hanya sekali kalah dalam 10 laga sejak tragedi di Etihad. Hal itu sedikir memberi bukti Tottenham mulai bangkit dan melupakan bayang-bayang kelam di pertemuan perdana mereka, sebelum gentian menjamu Manchester Biru.

Determinasi besar untuk menggebuk balik City bakal dipertontonkan Christian Eriksen. Penggawa Tottenham tersebut hanya bisa menyaksikan lewat siaran televisi ketika rekan-rekan setimnya dibantai The Citizens, julukan City, enam gol tanpa balas di Etihad. Wajar apabila Eriksen sangat geram dan kali ini ingin membawa timnya bermain lebih garang dibandingkan duel pertama lalu.

“Semoga kami bisa melakukan hal tepat kali ini. Anda bisa merasakan duel ini semakin dekat. Semua pemain ingin mengerahkan kemampuan 110 persen dalam bentrok ini,” urai Eriksen, dilansir tottenhamhotspur.com, Selasa (28/1).

“Semua orang paham Anda mesti meletakkan kaki Anda ketika bermain melawan City. Anda tidak perlu mengatakannya. Kami wajib berada dalam level top dan kami ingin menghadapi duel ini,” urainya menggebu.

Namun City pun terus menebar teror bagi para pesaingnya. Pasukan Manuel Pellegrini mencatat 13 kali menang dalam 14 laga terakhir mereka di berbagai kompetisi, termasuk tujuh kemenangan terakhir secara beruntun di Liga Premier.

Keperkasaan City terakhir diperlihatkan ketika membantai Watford dengan skor 4-0 pada babak keempat Piala FA, akhir pekan lalu. Skor akhir membuktikan Alvaro Negredo dkk. memang masih menjadi monster di Negeri Ratu Elizabeth. Namun dalam duel beda kasta tersebut, penampilan City sempat diragukan ketika tertinggal dua gol di babak pertama.

“Saya sangat marah karena saya tahu apa yang terjadi dengan tipe permainan jika Anda bermain dengan cara yang kami tempuh. Kami tidak memberikan 100 persen dan itu mustahil untuk sepak bola modern saat ini,” urai Pellegrini, dilansir manchestereveningnews.co.uk.

The Citizens pun wajib berhati-hati karena kali ini mereka tidak akan bermain di kandang angkernya sendiri. Apalagi Manchester Biru pernah mengalami kenangan pahit ketika dikandaskan 1-3 di White Hart Lane pada musim lalu. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

Prakiraan Susunan Pemain
Tottenham Hotspur (4-4-2) Pelatih Tim Sherwood
Lloris; Rose, Chiriches, Dawson, Walker; Eriksen, Dembele; Bentaleb, Lennon; Adebayor, Soldado
Cadangan: Chadli, Sigurdsson, Naughton, Holtby, Capoue, Defoe, Friedel

Manchester City (4-4-4) Manuel Pellegrini
Hart; Kolarov, Demichelis, Kompany, Zabaleta; Silva, Fernandinho, Toure, Navas; Aguero, Dzeko
Cadangan: Pantilimon, Richards, Lescott, Rodwell, Richards, Jovetic, Clichy

Tiga Pertemuan Terakhir
24/11/2013 Liga Premier Manchester City 6 – 0 Tottenham Hotspur
21/04/2013 Liga Premier Tottenham Hotspur 3 – 1 Manchester City
11/11/2012 Liga Premier Manchester City 2 – 1 Tottenham Hotspur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya